4 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar Bagi Pemula

By 2 months ago

Cara Menulis Artikel – Beberapa orang menganggap bahwa artikel sangat mudah untuk dibuat, tinggal menuliskan sederet berita saja langsung jadi. Namun, pada kenyataanya tidak demikian. Menulis artikel memerlukan kiat-kiat penulisan yang baik dan benar. Tak hanya itu, penulisan artikel juga harus berpedoman pada Ejaan Bahasa Indonesia atau EBI dan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Bagi pemula, mungkin menulis artikel sesuai EBI da KBBI terdengar cukup sulit. Tetapi dengan terus mengasah kemampuan menulis, maka artikel yang dihasilkan juga akan semakin meningkat kualitasnya secara bertahap. Untuk itu, berikut ini akan kami berikan beberapa tips atau cara menulis artikel yang baik dan benar, khususnya untuk para pemula.

Cara Menulis Artikel yang Baik

1. Menentukan Tema Terlebih Dahulu

Hal yang harus kamu utamakan sebelum membuat sebuah artikel adalah dengan menentukan tema apa yang akan kamu gunakan dalam artikel tersebut. Tema artikel disarankan untuk tidak berjumlah banyak, karena akan sulit dalam menentukan focus keyword nantinya. Sebaliknya, tema harus spesifik agar dapat menarik minat para pembaca.

2. Ide Pokok atau Rumusan Masalah

Setelah megetahui tema apa yang akan kamu buat, ide pokok atau rumusan masalah juga menjadi aspek penting yang tidak boleh dilupakan. Ide pokok inilah yang nanti akan membantumu dalam mengerjakan artikel jikalau sewaktu-waktu kamu lupa pokok masalah apa yang sedang dibahas. Itulah fungsi ide pokok atau rumusan masalah di dalam artikel.

Ide pokok sendiri dapat berupa berbagai macam bentuk. Seperti contohnya berupa list pertanyaan yang jawabannya terdapat dan dijelaskan langsung di dalam artikel. Kecuali jika artikel berupa narasi, maka akan dituangkan di dalam bentuk narasi dan mungkin bersifat tersirat.

3. Pahami Ejaan Kata yang Benar dan Baku

Tips atau cara menulis artikel yang baik dan benar bagi pemula ketiga adalah dengan belajar memahami ejaan kata yang baku dan benar. Di dalam sebuah artikel, tulisan tersebut layak dibaca apabila telah sesuai dengan kaidah kebahasaan seperti berpedoman pada KBBI dan EBI. Tentunya tidak mungkin jika kamu memaksa menulis artikel tetapi acak-acakan dan tidak enak dibaca. Oleh karena itu, sebaiknya kuasai terlebih dahulu ejaan kata dan pedoman bahasa Indonesia sebelum mulai menulis artikel.

4. Minimalisir Typo dan Kalimat Tidak Baku

Hindari Typo & Kalimat Tidak Baku

Kesalahan umum para penulis artikel adalah masih banyaknya typo atau kesalahan kata dan kalimat tidak baku yang bertebaran dimana-mana. Tentu saja kesalahan kata memang wajar terjadi, tetapi setidaknya kamu harus meminimalisir typo tersebut agar pembaca tidak merasa jenuh dan bosan. Tak hanya typo atau kesalahan kata saja, kalimat tidak baku juga harus diperkecil tingkatannya karena bisa menyebabkan kualitas artikel semakin menurun.

Jangan khawatir, karena memperbaiki typo bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi Google Documen. Kalimat tidak baku juga bisa diubah seperti demikian. Caranya adalah dengan masuk dulu ke aplikasi tersebut, paste file yang ingin dicek kemudian blok terlebih dahulu semua teksnya. Carilah menu untuk memperbaiki ejaan dan tata bahasa yang berada di bagian atas.

Itulah empat cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menulis artikel yang baik dan benar, terutama jika kamu masih pemula. Perlu kamu ketahui, bahwa kamu tidak bisa menyepelekan beberapa hal diatas karena aspek di atas memang sangat penting. Jangan lupa untuk terus mengasah skill menulismu agar artikel yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas.

– Aljuni Hirossie –

Share
Aljuni Hirossie

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi kepada pembaca. Semoga tulisan saya berkenan untuk diterima.