Ketahui Ciri Lowongan Kerja & Alamat PT Penipuan 2021

Alamat PT Penipuan – Semakin majunya teknologi, semakin semuanya serba instan dan mudah. Baik itu dalam bidang Pendidikan, Pemerintahan, e-comerce, bahkan dalam hal penyebaran informasi, tak terkecuali pernyebaran informasi mengenai lowongan pekerjaan. Ya, mencari pekerjaan diera sekarang tidak perlu lagi harus mengunjungi tempatnya satu persatu dengan membawa amplop coklat berisikan berkas-berkas lamaran.

Dengan bermodalkan kuota internet, Anda dapat mengakses informasi mengenai lowongan pekerjaan hanya melalui smartphone atau laptop saja, Anda juga dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Kemudahan inilah yang akhirnya membuat orang-orang lebih sering mencari informasi lowongan pekerjaan melalui internet. Sehingga hal tersebut semakin banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mengambil keuntungan yang tentunya sangat merugikan para pencari pekerjaan.

Saat ini banyak sekali situs-situs atau informasi lowongan pekerjaan palsu atau penipuan yang dibuat oleh orang-orang yang ingin mengambil keuntungan disituasi ini. Untuk itu, sebagai seorang job seeker yang pintar, Anda harus bisa membedakan manakah lowongan pekerjaan yang resmi atau penipu.

Lantas apakah yang perlu kita perhatikan agar kita tidak tertitipu oleh akun-akun lowongan kerja penipu, terutama bagi Anda para freshgraduate yang belum memiliki pengelaman dalam melamar pekerjaan. Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang ciri-ciri dari lowongan kerja penipuan agar kita bisa mengantisippasi kemungkinan buruk yang akan terjadi saat kita melamar pekerjaan melalui internet. Untuk mengenali ciri-ciri lowongan kerja penipu, yuk simak ulasan berikut.

Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja Penipuan

1. Persyaratan Menjadi Karyawan Terlalu Mudah

Pada umumnya, perusahan yang resmi pasti akan lebih detail dalam menuliskan informasi  persyaratan untuk calon karyawan yang akan bergabung diperusahaan mereka. Hal ini dikarenakan selain perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang tepat, tetapi juga sebagai salah satu cara untuk mempermudah recruiter memfilter atau memperkecil jumlah pelamar yang masuk setelah melihat iklan lowongan pekerjaan tersebut. Sehingga lebih mempermudah juga dalam menyaring cv dan melanjutkan keproses selanjutnya.

Jadi kalau ada lowongan pekerjaan yang mencantumkan syarat yang umum dan sangat mudah, seakan semua orang bisa melamar diperusahaan tersebut, tentu saja patut Anda curigai. Karena bisa saja itu lowongan kerja penipu. Contoh persyaratan lowongan kerja penipu biasanya hanya ditulis :

  • Pendidikan minimal SMA/SMK semua jurusan
  • Usia minimal 18 tahun
  • Domisili Jakarta dan sekitarnya
  • Pengalaman dan Non pengalaman

Jika Anda menemukan lowongan pekerjaan yang meminta persyaratan demikian, Anda harus waspada dan lebih cermat lagi dalam membaca iklan lowongan pekerjaan tersebut sebelum Anda melamarnya.

Baca Juga: Panduan Investasi Saham untuk Pemula

2. Gaji yang Tidak Masuk Akal

Besarnya gaji yang ditawarkan tentunya semakin menarik minat para job seeker untuk melamar ditempat tersebut. Apalagi untuk Anda para frehgraduate yang tidak memiliki pengalaman dalam melamar pekerjaan tentunya akan lebih mudah tertipu pada tawaran yang demikian.

Tetapi bagi para job seeker yang cermat. Justru jika ada lowongan pekerjaan yang memberikan gaji yang sangat besar atau tidak masuk akal dengan persyaratan yang sangat mudah, tentunya sudah ada difikiran Anda bahwa ini adalah modus lowongan kerja penipu. Karena jika lowongan pekerjaan yang asli pasti akan memberikan tawaran gaji yang masuk akal sesuai dengan kemampuannya, beban kerjanya, atau sesuai dengan pengalaman kerjanya.

3. Lokasi Interview Jauh dari Alamat Perusahaan yang Ditulis Diiklan Lowongan Kerja

Jika dituliskan lokasi perusahaan di Jakarta Barat kemudian Anda diminta untuk interview di Jakarta Timur, tentu Anda harus curiga jika lowongan kerja tersebut palsu atau penipuan. Karena biasanya para penipu ini akan mengarahkan Anda ke alamat perusahaan palsu, bukan ke perusahaan resmi tempat Anda dijanjikan untuk bekerja nantinya.

Memang ada beberapa perusahaan yang memiliki banyak cabang. Tetapi jika iklan lowongan pekerjaan itu resmi dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan, maka lokasi tempat interviewnya pun akan dilaksanakan ditempat yang sudah dijelaskan diiklan atau dikantor dimana calon kandidat bekerja nantinya ketika kandidat tersebut diterima.

4. Meminta Sejumlah Uang

Salah satu modus penipuan lowongan kerja yang paling umum adalah meminta sejumlah dana pada calon korbannya. Alasan yang sering digunakan biasanya untuk biaya akomodasi, biaya pendaftaran, biaya training, dll. Dan menjanjikan kepada calon korbannya bahwa nantinya biaya yang Anda keluarkan tersebut akan diganti ketika Anda diterima. Perlu Anda ketahui bahwa lowongan pekerjaan yang asli tidak akan meminta dana atau biaya sepeserpun dari para kandidat atau pelamar kerja.

5. Email dan Website Tidak Resmi atau Menggunakan Domain Gratisan

Semua perusahaan besar pasti memiliki website pribadi dan juga email resmi yang tentunya menggunakan domain yang berbayar dan tidak gratisan. Jika Anda melihat lowongan pekerjaan yang emailnya hanya menggunakan @yahoo, @gmail, @hotmail, @ymail, @rocketmail, atau doamain gratis lainnya, berhati-hatilah karena kemungkinan besar lowongan kerja tersebut adalah lowongan kerja penipuan. Karena lowongan kerja dari perusahaan yang asli pasti akan menggunakan domain yang berbayar, sehingga alamat emailnya pun akan menggunakan nama perusahaan, contoh @aljuni.com

6. Meminta Data Pribadi

Banyak sekali modus penipuan yang digunakan pada iklan lowongan kerja penipu ini. salah satunya adalah meminta data pribadi pelamar. Anda harus berhati-hati ketika Anda melamar pekerjaan Anda dimintai data-data pribadi seperti KTP, Nomor Rekening, Nomor NPWP, kode OTP, Nama lengkap orang tua, atau bahkan meminta Anda untuk mengirimkan foto selfi dengan KTP, dan data pribadi Anda yang lain. Karena itu merupakan modus lowongan kerja penipu dengan meminta data-data pribadi Anda dan mendapatkan uang dari data tersebut.

Selain itu Anda juga harus berhati-hati ketika Anda mendapatkan link tautan untuk mengisi formulir data diri yang berisi informasi pribadi. Caranya adalah Anda harus cek dulu dan pastikan website link tersebut aman, umumnya ciri website yang aman jika awalan websitenya https:// bukan http://.

7. Langsung Diterima Tanpa Proses Interview

Seperti yang Anda ketahui, bahwa tidak ada seorang yang diterima kerja tanpa adanya proses interview. Biasanya untuk lowongan kerja penipu atau palsu akan memberikan urgensi seperti “dibutuhkan segera”, “proses cepat”, atau “dibutuhkan cepat” yang seakan-akan lowongan kerja ini benar-benar membutuhkan tenaga kerja baru, sehingga dapat dengan mudah menipu korbannya. Trik ini biasanya cukup ampuh untuk menipu para freshgraduate, tapi jika difiki-fikir tetap saja lowongan pekerjaan seperti ini tidak masuk akal bukan?

8. Mengirimkan Undangan Interview Padahal TIdak Pernah Melamar

Ketika Anda tidak pernah melamar pekerjaan diperusahaan manapun, tetapi Anda tiba-tiba mendapatkan undangan Interview. Tentu ini sangatlah aneh bukan? Ya, para penipu biasanya menggunakan email atau kontak pribadi Anda untuk menyebarkan informasi ini. Dan biasanya undangan panggilan interview tersebut tidak menyebutkan posisi yang dilamar, informasi yang diberikan tidak relevan, menyebutkan semua biaya transportasi harus ditalangi kandidat, dll. Jika Anda mengalami hal tersebut tentu tak perlu Anda hiraukan karena sudah pasti undangan tersebut adalah palsu.

9. Tulisan Pada Lowongan Kerja Terlihat Tidak Profesional dan Tidak Rapih

Informasi lowongan pekerjaan biasanya dibuat dengan sangat jelas dan rapih agar informasi yang disampaikan dapat dipahami. Selain bentuk formatnya yang rapih, penulisannya pun minim typo, dan enak dilihat. Serta menggunakan penulisan yang sesuai dengan EYD dan terkesan lebih formal. Jika Anda menemukan lowongan pekerjaan yang penulisannya sangat berantakan, terkesan buru-buru dan tidak formal, kemungkinan besar lowongan kerja tersebut adalah lowongan kerja penipu atau palsu

10.  Mengharuskan Interview Langsung Walau Sedang Pandemi

Perusahaan yang resmi tentunya menerapkan peraturan tentang protokol kesehatan yang ketat. Sehingga apabila Anda mendapatkan undangan interview yang mengharuskan Anda datang langsung ketempat meski dimasa pandemi seperti ini, Anda harus berhati-hati karena bisa jadi itu merupakan salah satu modus penipuan yang digunakan oleh penyebar lowongan kerja tersebut.

Baca Juga: Tips Investasi Cryptocurrency untuk Pemula

Sebagai seorang job seeker yang cerdas, Anda perlu memerhatikan hal-hal diatas sebelum melamar pekerjaan. Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah lowongan pekerjaan yang Anda lamar adalah resmi dan bukan hoax. Salah satu caranya adalah dengan menanyakan info lowongan pekerjaan tersebut melalui email atau situs resmi perusahaan yang ada pada iklan Loker tersebut. Apakah info lowongan pekerjaan itu benar-benar dikeluarkan oleh perusahaan tersebut atau ada oknum-oknum tertentu yang mengatas namakan perusahaan untuk mengambil keuntungan pribadi.

Selain dari ciri-ciri dari lowongan kerja penipu yang telah disampaikan diatas. Anda juga perlu mengetahui alamat PT penipuan yang sering digunakan pada iklan lowongan kerja penipuan. Berikut telah kami rangkum beberapa alamat PT penipuan yang sudah banyak dishare di grup Loker Jabodetabek.

Daftar Alamat PT atau Kantor Penipu

  1. Jalan Jatinegara Barat 1, Gang Banten No 133 A atau 134 atau 135 atau 136.
    Balimester Jatinegara, Jakarta timur. (seberang ACA Syariah, dibelakang Cafe Kontainer Long Black Cafe, dekat halte sekolah Santa Maria, depan BANK DANAMON).
  2. Perkantoran GRAND SOEPOMO, Jalan Prof. Dr. Soepomo no 73. Menteng Dalam (Tebet) Jakarta Selatan. (Seberang Gedung Tranvision, belakang BANK VICTORIA, samping BANK MEGA).
  3. Jalan OTISTA RAYA no 161 B, bidara cina Jakarta timur (seberang pusat gadai, 100 meter dari Hotel Fiducia, samping Polonia Studio Foto).
  4. Jalan Suryopranoto No 85 A, Petojo Selatan (Harmoni) Jakarta Pusat. (Samping Panorama World dan Bank Panin).
  5. Jalan Warung Jati Barat No 4 C Atau 4 A, Jakarta Selatan. (seberang Rumah Sakit Jakarta Medical Center, samping sate tegal).
  6. Jalan Ciputat Raya No 11 Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama. Jakarta Selatan (depan BANK BNI SYARIAH, Oasis Terrace Residence).
  7. Jalan Daan Mogot, Ruko Green Mansion Blok B No 3 Grogol. Jakarta Barat (Dibawah Jembatan Layang /Flyover Pesing, Samping Dealer Honda).
  8. Jalan RS. Fatmawati Nomer 6-9 Gedung 9 B Gandaria Utara, Jakarta Selatan. (50 meter dari HOTEL SPORT PLAZA/KEDATON Interior).
  9. Jalan Pinang/Pegambiran No 47 Rawamangun, Jakarta Timur (depan Terminal dan Pasar Pagi Rawamangun, samping BANK BUKOPIN, 50 meter Dari Alfamart Pinang Raya). Atau sering juga menggunakan jalan Kecapi/Melati/Waru.
  10. Jalan Baru (Jalan Masjid Al Huda Atau Jalan Raya Ciputat) Rt 3/Rw 3, Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan (Samping Percetakan Starindo).
  11. Karawaci Office Park Blok H No 32 Lippo Karawaci, Tangerang. (Antara Venus Spa dan Prudential).
  12. Jalan Kh. Noer Ali atau Inspeksi Kalimalang, Komplek Perkantoran Indah Blok D No 1 A, Tambun, Bekasi (Samping Rm Mega Citra). Atau sering juga pakai alamat Jalan Cempaka – Margahayu.
  13. Jalan Dewi Sartika No 17 Cawang, Ciilitan, Jakarta Timur (Depan Kampus Stba Pertiwi, 30 Meter Dari Pgc Cililitan, sebelah BANK BTPN).
  14. Jalan Haji Juanda, Perkantoran Plaza Bekasi Jaya Blok B No 12, Bekasi Timur. (Depan Transpark Juanda Bekasi, Samping Kantor Pt Adhi Persada, 100 Meter Dari Terminal Bekasi).
  15. Jalan Raya Hos Cokroaminoto Komplek Perkantoran Ubud Village Blok Jfv No 15 Ciledug, Tangerang. (samping SPBU PURI BETA 2, Halte Bushway Puri Beta, belakang FITNESS CENTER, dekat gerbang masuk). Atau sering juga menggunakan alamat Jalan Haji Mencong.
  16. Jalan Veteran No 110 Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan (Pintu II Asrama Haji Bekasi).
  17. Jalan Jenderal Sudirman, Area Perkantoran Grand Mall Bekasi Blok B No 49 Kranji, Bekasi. (500 Meter Dari Satsiun Kranji, Deretan Bank Panin Paling Ujung).
  18. Jalan Raya Bekasi, Komplek Perkantoran Pulo Gadung Blok I No 8 Jakarta Timur.
    (Depan Kawasan Jiep, Sebelah Bank Capital).
  19. Jalan Raya Kalimalang No 99, Komplek Ruko Grand Kalimalang No 8 A-G Tambun, Bekasi. (belakang BAF FINANCE).
  20. Jalan Raya Bekasi Km 19 No 30 Pulo Gadung, Jakarta Timur. (Samping Bank BCA, Depan Halte Bushway Pasar Pulo Gadung).
  21. Jalan Pahlawan Revolusi No 57 Atau 56, Pondok Bambu. Jakarta Timur.
    (Ada Tulisan Digital Printing Dan Happy Tots, Depan Lapas Wanita Pondok Bambu).
  22. Jalan Cut Mutia No 57 Atau 56 Bekasi Timur, Jawa Barat. (Perempatan Lampu Merah Rawa Semut, Samping PO ALS, Barisan Pusdiklat Al Muhajirin) Pagar Biru.
  23. Jalan Letjen Suprapto No 160 C/D Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (Restoran Coto Makasar Gowa).
  24. Jalan Kyai Caringin No 2 B Atau No 2-10 Cideng, Tanah Abang. Jakarta Pusat. (Seberang RS Tarakan, Samping Bank Capital, Pintu Hijau).
  25. Jalan Kayu Manis Timur No 37 Utan Kayu, Jakarta Timur.
  26. Jalan Pramuka No 16 A, Kayu Manis. Jakarta Timur. (Depan Gedung Candra Karya, Samping Super Gadai).
  27. Jalan Dermaga Raya No. 116, Klender, Duren Sawit Jakarta Timur (Sebrang Busana Galungung)
  28. Gedung biru no 6. Jalan Ciputat Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. (Seberang Pintu Penyeberangan Kereta Kebayoran Lama , 4 Blok Sebelum Kelurahan Kebayoran Lama Utara).
  29. Jalan Rusli Hakim No 1 A, Pasar Minggu. Jakarta Selatan. (Belakang Indomaret Pejaten).
  30. Jalan Bukit Duri No 29, Jakarta Selatan.
  31. Jalan Radin Inten II Blok U No 229 Duren Sawit, Jakarta Timur. (Depan Buaran Plaza).
  32. Jalan Dermaga Raya No 116, Duren Sawit. Jakarta Timur.

Itulah beberapa Alamat PT atau kantor penipu yang dapat kami rangkum. Dan mungkin masih banyak lagi kantor penipu yang belum tercantum. Info alamat diatas juga sewaktu-waktu bisa berubah. Usahakan sebelum Anda melamar pekerjaan atau mendapatkan email dari perusahaan, pastikan untuk cek dulu nama PT dan Alamatnya terdata digoogle maps. Untuk memastikan perusahaan tersebut hoax atau tidak.

Semoga informasi mengenai alamat pt penipuan ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan dan semoga Anda bisa menjadi seorang job seeker yang cermat agar tidak mudah tertipu oleh akun-akun lowongan kerja penipu yang beredar diinternet. Jangan lupa juga untuk share informasi ini kepada yang lain agar tidak ada lagi korban penipuan lowongan kerja. Terimakasih.

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment