Categories: ASUSlaptop

Tips Memilih Laptop Bagi Pelajar dan Pekerja di Masa Pandemi

Entah sampai kapan virus Covid-19 ini dapat berakhir, kedatangannya di Indonesia pada awal Maret 2020 silam membuat banyak sektor menjadi lumpuh dan tak bergerak secara optimal. Terutama sektor pendidikan dan juga sektor industri. Rindu rasanya ketika keluar rumah tidak menggunakan masker dan menghirup udara segar tanpa ada halangan.

Rindu rasanya bercengkrama dengan keluarga dan teman tanpa perlu takut dan saling mencurigai. Apakah kalian juga merindukan momen-momen indah sebelum virus ini datang? Terlebih bagi seorang pekerja dan juga siswa-siswi sekolah yang saat ini melakukan semua kegiatan melalui rumah saja, mungkin sangat merindukan momen tersebut.

Banyak para pekerja yang kehilangan pekerjaan akibat perusahaan tempat mereka bekerja terkena imbas dari virus Corona ini. Kejam memang, namun apa daya, semua sudah terjadi dan kita sebagai sosok yang kuat wajib survive bagaimana pun kondisinya.

Karena adanya wabah ini, Pemerintah Indonesia pun bergerak cepat dan memberlakukan sistem baru. Para pekerja melakukan WFH (Work From Home) guna mengikuti aturan pemerintah sebagai upaya pemberantasan virus ini. Lalu para siswa sekolah juga melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) melalui rumah masing-masing.

Sulit memang rasanya melakukan kegiatan yang seharusnya on the spot namun dialihkan melalui rumah dan online. Semuanya kini serba melalui online, mulai dari belajar, bekerja, mengerjakan tugas, laporan ke atasan, ujian, meeting, dan kegiatan lainnya.

Tentu saja untuk menunjang kegiatan yang serba online dan serba di rumah tersebut kamu perlu memiliki senjata tempur yang memadai. Senjata tempur disini dalam artian adalah perangkat yang dapat menunjang aktivitas mu seperti sekolah atau bekerja dari rumah secara online.

Salah satu perangkat yang saat ini dibutuhkan oleh banyak sektor adalah laptop. Karena memang laptop adalah sebuah perangkat yang dapat mendukung semua kegiatan penggunanya mulai dari belajar, bekerja, meeting, hingga kebutuhan entertainment seperti menonton film atau mendengarkan musik.

Maka tak heran apabila saat ini banyak yang mencari laptop untuk digunakan sebagai media belajar ataupun bekerja dari rumah. Namun, untuk membeli sebuah laptop, ada sebagian orang yang mungkin dilanda kebingungan mengenai spesifikasi laptop yang cocok untuk digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah masalah bagi sebagian orang karena dihadapkan kesulitan yang mungkin tidak bisa dihadapi oleh diri sendiri. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan yang sedang kamu prioritaskan.

Apakah kamu membeli laptop hanya sekadar untuk belajar, bekerja, gaming, editing, entertainment, atau bahkan semuanya? Untuk mendapatkan laptop mumpuni yang bisa kamu gunakan dengan berbagai macam aktivitas di atas, maka kamu perlu laptop yang berukuran kompak atau ringkas namun spesifikasi yang cukup gahar.

Tips Memilih Laptop Bagi Pelajar dan Pekerja di Masa Pandemi

Sebelum membahas laptop yang cocok untuk semua kegiatan tersebut, maka kamu perlu menyimak terlebih dahulu tentang tips memilih laptop untuk WFH dan PJJ di bawah ini :

Perhatikan Layar Laptop

Tips memilih laptop yang pertama untuk WFH dan juga PJJ adalah lihat layar laptopnya. Laptop dengan ukuran yang ideal akan membuat mata kamu ketika menatap layar laptop menjadi nyaman dan tak merasa capek. Sebagai rekomendasi untuk kebutuhan kamu WFH dan PJJ, maka laptop dengan ukuran 14 Inchi adalah ukuran yang ideal untuk digunakan.

Tak hanya ukuran layar saja yang berpengaruh, kamu juga perlu memerhatikan resolusi layar yang akan kamu pilih. Sebagai rekomendasi lagi, pilihlah laptop yang sudah memiliki resolusi layar minimal Full HD. Dengan resolusi dan juga ukuran layar yang ideal tersebut, tentu saja WFH atau PJJ yang kamu lakukan akan lebih berkesan dan nyaman.

Perhatikan Keyboard Laptop

Tips kedua yang bisa dilakukan ketika ingin membeli laptop adalah perhatikan keyboardnya. Usahakan membeli laptop yang memiliki keyboard dengan ukuran full size agar saat mengetik kamu dapat leluasa karena ukurannya. Lalu tak lupa juga fitur backlit yang ada pada keyboard perlu kamu perhatikan juga, karena memang fitur backlit ini sangat dibutuhkan untuk menunjang produktifitas mu bersama laptop di malam hari.

Selain backlit, mencari laptop yang memiliki konstruksi keyboard ergonomis juga bisa kamu jadikan pilihan. Karena dengan posisi keyboard yang ergonomis, maka tentu saja ketika mengetik akan mendapatkan kenyamanan yang maksimal.

Bobot Laptop

Untuk kamu yang seorang pelajar ataupun pekerja, memiliki laptop dengan bobot berat mungkin akan menjadi tidak efektif lagi. Terlebih apabila kamu adalah seorang yang memiliki mobilitas tinggi dan selalu membutuhkan laptop untuk digunakan kapan saja dan di mana saja. Maka dari itu, ketika ingin membeli sebuah laptop, perhatikan bobot dari laptop tersebut, apakah laptop memiliki bobot ringan atau berat.

Pilihlah laptop yang memiliki bentuk kompak dan juga ringan untuk menunjang mobilitas mu yang tinggi.

Audio

Kenapa sektor audio atau suara perlu dipertimbangkan untuk membeli sebuah laptop? Karena kita tahu sendiri, pembelajaran online kini sudah banyak yang melalui aplikasi pihak ketiga yang dapat saling bertemu walaupun hanya melalui video dan suara saja.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka kamu perlu sebuah laptop yang memiliki kualitas audio yang baik, jernih, dan juga berkualitas. Karena apabila sektor audio ini tidak maksimal, maka tentu saja proses belajar jarak jauh pun akan terganggu karena suara yang dihasilkan tidak maksimal. Maka dari itu, sektor audio perlu sekali kamu pertimbangkan untuk memilih sebuah laptop.

Dapur Pacu Laptop

Secara visual sudah dibahas, kenyamanan mengetik sudah juga, sektor suara atau audio juga sudah. Lalu sektor apa lagi yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli sebuah laptop? Yaps, betul sekali, sektor dapur pacu laptop adalah hal utama yang perlu kamu perhatikan.

Kenapa sektor ini sangat diutamakan? Karena memang sektor dapur pacu adalah dimana semua kegiatan yang terjadi pada sebuah laptop di proses oleh komponen-komponen di dalamnya. Mulai dari memori RAM, memori penyimpanan, prosesor, hingga kartu grafis. Semua komponen tersebut saling berkesinambungan dalam memproses seluruh kegiatan yang terjadi. Entah itu ketika main game, edit foto & video, nonton film, mengetik, dan kegiatan lainnya.

Maka dari itu, untuk menunjang seluruh kegiatan tersebut, kamu membutuhkan sektor dapur pacu yang mumpuni. Mumpuni disini dalam artian dapat menunjang kegiatan yang kamu kerjakan dengan mudah dan lancar. Sebagai rekomendasi, untuk kamu yang ingin membeli sebuah laptop baru, kamu perlu membeli laptop yang setidaknya memiliki prosesor dengan generasi terbaru atau generasi 10. Entah itu core i3, core i5, yang penting adalah laptop yang kamu beli memiliki prosesor generasi terbaru.

Lalu untuk kartu grafis, carilah laptop yang memiliki kartu grafis mumpuni agar dapat membantu prosesor menjalankan program-program aplikasi yang diinstal. Sesuai namanya, kartu grafis ini berfungsi untuk menerjemahkan data ke dalam bentuk grafis atau visual ke layar laptop. Apabila spesifikasi vga card ini semakin tinggi, maka akan semakin tajam pula bentuk visual yang ditampilkan.

Selanjutnya adalah sektor memori penyimpanan, SSD (Solid State Drive) adalah jenis terbaru dari memori penyimpanan yang kini mulai banyak digunakan. Fungsinya adalah sama seperti HDD pada umumnya, namun proses penyimpanan dan transfer datanya lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Maka dari itu untuk jaman sekarang, laptop yang sudah memiliki memori penyimpanan SSD menjadi prioritas utama untuk dipilih.

Yang terakhir adalah sektor memori RAM. Beberapa tahun silam, RAM DDR 3 memang masih banyak digunakan oleh semua orang. Namun untuk sekarang, dengan berkembangnya teknologi maka muncul RAM DDR4 yang kemampuan memproses data di dalam aplikasi lebih cepat dibandingkan dengan DDR3. Maka dari itu, saat ini banyak sekali yang beralih menggunakan RAM DDR4 agar kegiatan multitasking yang dikerjakan semakin berjalan lancar. Termasuk ketika belajar ataupun bekerja online.

Lalu, dengan banyaknya tips di atas yang berisikan rekomendasi spesifikasi laptop yang perlu dimiliki, apakah spesifikasi tersebut sudah ada pada sebuah laptop? Jawabannya tentu saja ada.

ASUS Indonesia baru-baru ini meluncurkan produk laptop terbarunya yang diberi nama ASUS VivoBook 14 A416. Laptop ini dirancang khusus untuk kebutuhan para pelajar dan pekerja yang membutuhkan senjata tempur mumpuni.

Hadir dengan tagline Easy Portability, Effortless Productivity maka laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini disematkan dengan berbagai macam fitur dan spesifikasi mumpuni yang sudah disebutkan pada tips memilih laptop bagi pelajar dan pekerja di atas.

Diantaranya adalah bobot laptop yang ringan, ukuran dan resolusi layar yang nyaman dimata, dapur pacu gahar, hingga kenyamanan keyboard ketika pengguna mengetikkan kata demi kata di atasnya. Penasaran fitur apa lagi yang membuat laptop ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki? Kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

ASUS VivoBook 14 A416

Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 merupakan laptop masa kini yang hadir dan diproduksi khusus untuk seseorang yang memiliki mobilitas dan produktifitas tinggi. Laptop yang hadir dengan bodi ringkas dan ringan ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki seseorang yang memiliki profesi sebagai pelajar, mahasiswa, tenaga pendidik, hingga pekerja.

Tampil dengan bobot 1,6 kilogram saja, lalu ketebalan yang hanya 19,9 mm membuat laptop produksi ASUS ini akan sangat bersahabat ketika dibawa kemana saja untuk menemani penggunanya. Tak hanya sampai disitu, charger laptop ini juga hadir dengan bentuk yang sangat ringkas sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas. Bagaimana? Sudah mulai tertarik dengan laptop modern ini? Simak ulasan selanjutnya.

Desain & Layar

Desain dan Layar

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini juga disematkan dengan teknologi NanoEdge Display yang membuat laptop ini memiliki bentuk bodi yang sangat ringkas dibandingkan dengan laptop ukuran 14 inci lainnya.Teknologi yang disematkan pada laptop ini mampu membuat bezel pada layar laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini hadir dengan sangat tipis. Untuk screen-to-body rationya saja menyentuh angka 82%.

Walaupun tampil dengan bodi ringkas, namun laptop ini memiliki konstruksi yang sangat kokoh. Hal tersebut dikarenakan laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini dibekali chasis yang terbuat dari bahan logam dan disematkan pada rangka layar dan di bawah keyboard. Dengan begitu keseluruhan bodi laptop ini semakin kuat dan juga kokoh.

Untuk sisi layar dari laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini juga tak kalah mumpuni. Layar laptop ini sudah dibekali dengan resolusi layar hingga Full HD dan juga ukurannya yang 14 inci. Perpaduan resolusi layar dan juga ukuran ini tentu saja akan membuat mata kamu ketika memandangnya akan terasa nyaman dan tidak mudak capek walaupun dalam waktu yang lama. Selain itu juga layar laptop ASUS VivoBook 14 A416 sudah dilapisi dengan anti silau atau anti-glare dengan sudut pandangnya yang mencapai 178 derajat.

Keyboard

Keyboard Nyaman

Selain memiliki desain dan layar yang sangat mumpuni, ASUS VivoBook 14 A416 ini juga dibekali dengan keyboard yang sangat nyaman. Hadir dengan keyboard full size dan dilengkapi lampu backlit di dalamnya, maka pengguna akan mendapat kenyamanan maksimal ketika mengetik saat kondisi minim cahaya sekalipun. Terlebih, kecerahan cahaya dari backlit laptop ini juga dapat diatur dan memiliki 3 level kecerahan yang berbeda. Kamu dapat mengaturnya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing.

Selanjutnya, keyboard pada laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini juga didesain dengan ergonomis dan juga kokoh. Lalu jarak key travel sejauh 1,4 mm pada keyboard juga semakin menambah kenyamanan pengguna ketika mengetik menggunakan laptop ini.

Windows Hello (Sidik Jari)

Fingerprint Sensor

Selanjutnya kita akan membahas sebuah fitur keamanan yang disematkan pada varian tertentu dari ASUS VivoBook 14 A416. Fitur sensor sidik jari ini disematkan pada laptop dengan varian Intel Core i5. Fitur fingerprint sensor ini akan membantu pengguna agar dapat masuk ke dalam tampilan layar utama melalui Windows Hello. Dengan adanya fitur ini, maka otomatis pengguna tidak akan mengetikkan lagi kata sandi yang biasanya diperlukan ketika ingin masuk ke dalam layar utama windows.

Gratis Microsoft Office Home & Student 2019

Gratis Microsoft Office

Ini adalah salah satu benefit yang akan kamu dapatkan apabila membeli laptop ASUS VivoBook 14 A416. Apabila kamu adalah seorang pelajar, mahasiswa, pekerja, ataupun tenaga pendidik, tentu saja produk Microsoft Office adalah sesuatu yang sudah familiar. Dan ketika kamu membeli laptop ini, maka di dalamnya sudah ada produk Microsoft Office Pre-Installed yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Produk Microsoft yang kamu dapatkan adalah Word, Excel, dan juga PowerPoint.

Audio (Sonic Master)

Audio Sonic Master

Untuk kamu yang senang mendengarkan musik ataupun menonton film, maka tak perlu khawatir akan kualitas audio dari ASUS VivoBook 14 A416 ini. Karena meang untuk sektor audio laptop ini sudah disematkan Sonic Master yang tentu saja dapat menghasilkan suara sangat halus dan jernih. Dengan kualitas suara jelas, maka proses belajar online ataupun meeting jarak jauh akan semakin lancar.

Aplikasi Link to MyASUS

Link to MyASUS

Hadir dengan dukungan aplikasi mobile, laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini semakin membuat penggunanya merasa terbantu dengan berbagai kemudahan yang disematkannya. Aplikasi bernama Link to MyAsus ini dapat pengguna unduh melalui playstore ataupun istore. Dengan mengunduh aplikasi ini, maka kamu dapat membuat smartphone milik mu menjadi pusat control untuk laptop ini.

Lalu pada aplikasi ini juga pengguna dapat memantau sekaligus melihat status laptop dan melakukan troubleshooting apabila diperlukan. Dengan kata lain, apabila kamu menggunakan aplikasi ini maka produktifitas pengguna juga akan semakin meningkat karenanya.

Ada banyak fitur pada aplikasi ini yang bisa digunakan oleh pengguna, diantaranya adalah dapat menampilkan notifikasi dari layar smartphone ke layar laptop, lalu melakukan panggilan telepon melalui laptop, hingga layar smartphone yang bisa dijadikan layar kedua untuk laptop. Canggih bukan?

Selain itu aplikasi Link to MyASUS ini juga menyediakan fitur berbagi file secara instan antara kedua device yang tersambung tersebut. Yaitu dari laptop ke smartphone, ataupun sebaliknya.

Konektivitas

Konektivitas Lengkap

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini juga memiliki konektivitas yang cukup lengkap untuk membantu aktivitas penggunanya. Diantaranya ada Port USB Type-C, USB Type-A, USB 2.0, HDMI, MicroSD Reader, dan juga Audio Combo Jack.

Sementara untuk konektivitas nirkabelnya, laptop ini dilengkali dengan WiFi 5 (802.11ac) sebagai penghubung internet, ada juga Bluetooth 4.1 yang berguna untuk menghubungkan laptop ke banyak aksesori nirkabel seperti speaker Bluetooth.

Dapur Pacu Mumpuni

Dapur Pacu Sangat Mumpuni

Kali ini kita akan membahas bagian yang paling menarik untuk dibahas pada laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini, yaitu dari sisi dapur pacu atau hardware. Dimulai dengan prosesor laptop ini yang sudah disematkan prosesor 10th Gen Intel Core terbaru saat ini. Untuk varian tertinggi laptop ini dibekali prosesos Intel Core i5-1035G1 dengan konfigurasi 4 core dan juga 8 thread.

Lalu selanjutnya kita bergeser ke bagian kartu grafis atau VGA Card. Untuk beberapa varian laptop ASUS VivoBook 14 A416 sudah disematkan kartu grafis NVIDIA GeForce MX330. Dengan kartu grafis ini maka laptop akan dengan mudah menjalankan berbagai macam aplikasi yang kebutuhan grafisnya cukup besar seperti editing ataupun gaming.

Dengan disematkannya prosesor dan kartu grafis yang mumpuni pada laptop ini, maka tentu saja semua aktivitas multitasking akan dibabat habis dengan mudah. Terlebih laptop ini juga dibekali dengan memori yang cukup mumpuni, yaitu RAM DDR4 dan dapat diupgrade hingga 12 GB. Lalu sektor penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis memori yang cukup handal.

Yaitu 2,5” SATA dan juga M.2 PCIe. Adanya memori penyimpanan berjenis SSD ini tentu saja akan membuat proses booting pada laptop ini menjadi sangat cepat. Hal tersebut terbukti ketika pengetesan berlangsung, laptop ini hanya perlu waktu 10 detik saja untuk booting sampai laptop menyala.

Baterai Awet

Baterai Laptop Awet

Kemampuan yang mumpuni tak akan berguna apabila memiliki baterai yang lemah bukan? Hal tersebut tentu saja tidak berlaku untuk ASUS VivoBook 14 A416 ini. Laptop ini sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 37Wh yang tentu saja sangat cukup untuk menemani pengguna dalam kesehariannya.

Dengan baterai laptop yang besar tersebut, laptop ini dapat bertahan hingga 8 jam lamanya dan tanpa perlu khawatir akan kehabisan daya baterai. Untuk mengisi daya baterainya sendiri, laptop ini mampu mengisi dari 0 hingga 100% sangat cepat yaitu dalam waktu 1,5 jam saja dan otomatis baterai laptop akan penuh kembali. Laptop yang sungguh luar biasa.

Kesimpulan

Foto : Asus.com

Apabila kamu adalah seorang pelajar ataupun pekerja yang membutuhkan laptop untuk menemani kegiatan multitasking seharian dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi, maka laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki.

Harga laptop yang mulai dari Rp 4 jutaan ini dapat melahap kegiatan multitasking kamu dengan mudah dan juga cepat karena memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni.

Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook 14 A416

CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Sistem Operasi Windows 10
Memori 4GB DDR4 RAM
Penyimpanan 1TB 5400 rpm SATA HDD
256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB SSD
Layar 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) IPS Anti-Glare
14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare
14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare
Kartu Grafis NVIDIA GeForce MX350 (optional)
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader
Kamera VGA Web Camera
Konektivitas Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Baterai 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimensi 32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm
Berat 1,6 Kg
Warna Transparent Silver, Slate Grey
Harga Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)
Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)
Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)
Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)
Garansi 2 tahun garansi global
Aljuni Hirossie

Share
Published by
Aljuni Hirossie

Recent Posts

5 Hal yang Saya Lakukan Jika Memiliki Laptop Asus VivoBook 14 A416

Halo, nama saya Aljuni Hirossie, Anda bisa memanggil saya dengan sebutan Juni. Saya adalah seorang…

3 bulan ago

Resep Kimchi dan Nasi Goreng Kimchi

Resep Kimchi dan Nasi Goreng KimchiKimchi - Bagi pecinta kuliner Korea, Kimchi adalah sebuah makanan…

5 bulan ago

Resep Popcorn Caramel Ala Bioskop

Resep Popcorn CaramelResep Popcorn Caramel - Jika kamu pernah menonton film di bioskop, kamu pasti…

5 bulan ago

10 Resep Minuman Kekinian 2020

10 Resep Minuman KekinianPada tahun ini banyak sekali resep minuman kekinian yang hadir dan viral…

6 bulan ago

Peraturan OJK Terbaru Untuk Industri Keuangan Non Bank

Peraturan Ojk TerbaruPeraturan OJK Terbaru - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja merilis aturan baru…

6 bulan ago

Asus Vivobook Ultra A412DA, Laptop Tipis Bertenaga Sadis

Asus Indonesia kembali merilis secara resmi produk laptop terbarunya yang disebut saat perilisan adalah laptop…

2 tahun ago