5 Cara Membuat Website Dari Awal Hingga Jadi

By 2 months ago
  1. Apakah Anda saat ini sedang mencari cara membuat website dengan mudah dan juga cepat? Jika benar, maka Anda berhasil menemukan tempat yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan membahas terkait cara membuat website yang cukup mudah dan dapat ditiru dengan cepat.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut bisa Anda simak cara lengkapnya di bawah ini.

5 Cara Membuat Website Sendiri

1. Tentukan Jenis Website

Sebelum membahas secara teknis cara membuat website, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan dahulu jenis website apa yang ingin Anda buat. Dengan menentukan dahulu jenis website yang tepat untuk Anda, maka Anda juga akan memiliki bayangan dan konsep website yang ingin Anda bangun. Hal ini tentu saja sangat penting dilakukan karena akan berpengaruh pada pemilihan hosting, domain, dan juga tema website yang ingin digunakan.

Jadi pada langkah pertama ini, Anda perlu menentukan jenis website yang ingin Anda buat. Ada banyak sekali jenis website yang bisa Anda pilih, untuk mengetahui jenisnya, bisa Anda simak berikut ini :

  • Website Toko Online

Website ini biasanya diperuntukan untuk menjual produk secara online. Baik untuk produk digital, jasa, ataupun barang. Saat ini memang menjalankan sebuah bisnis online memang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, karena memang pertumbuhannya sangat pesat.

  • Blog atau Website Pribadi

Blog sendiri adalah jenis website yang lebih mengutamakan update informasi. Maka tak heran apabila blog pada umumnya menampilkan informasi terbaru setiap harinya. Sebuah blog sendiri bisa digunakan oleh pribadi ataupun sebuah perusahaan. Fungsi dari blog sendiri adalah untuk meingkatkan engagement website.

  • Website Portofolio

Website portofolio ini digunakan untuk membangun sebuah identitas online agar terlihat lebih profesional. Dengan memajang karya yang Anda miliki pada sebuah website, maka akan semakin mudah bagi banyak orang di seluruh dunia mengetahui kemampuan yang Anda miliki. Website portofolio ini sangat penting dibangun untuk Anda yang bekerja di sebuah perusahaan ataupun seorang pekerja lepas (freelance).

  • Situs Berita

Sesuai dengan namanya, situs atau website berita adalah jenis website yang isinya berfokus pada artikel berita terbaru. Website ini juga bisa dijadikan untuk menampilkan berita di wilayah tetentu saja dan juga topik khusus. Jadi, Anda tidak usah menunggu menjadi mesi besar dahulu untuk memiliki situs berita. Anda hanya perlu menghadirkan berita terkini, actual, dan juga kredibel.

  • Website Forum

Website forum ini bisa menjadi sebuah wadah untuk saling berbagi informasi antar komunitas secara online. Mulai dari komunitas otomotif, teknologi, hingga penggemar kuliner bisa berkumpul dalam satu wadah forum online. Apabila Anda memiliki sebuah komunitas yang memiliki anggota berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, maka membuat sebuah website forum adalah keputusan yang cukup tepat.

Setelah melihat jenis website di atas, apakah Anda sudah menentukan website seperti apa yang ingin Anda buat? Jika sudah memutuskan jenis website apa yang ingin dibuat, maka kita akan lanjut pebahasan menuju cara membuat website selanjutnya.

2. Menentukan Platform Website

Membuat website itu sebenarnya bisa menggunakan banyak cara, ada yang melalui coding dengan menggabungkan code HTML, CSS, hingga PHP. Namun, dengan membuat website melalui coding prosesnya cukup rumit dan tak bisa dilakukan oleh orang yang awam. Maka dari itu, sebagai rekomendasi, Anda bisa membuat website tanpa peru melakukan coding. Lalu, bagaimana cara membuat website tanpa perlu coding sama sekali?

Solusinya Adalah Gunakan WordPress

Dengan menggunakan WordPress, maka Anda bisa membuat sebuah website dengan mudah dan tanpa perlu menguasai dahulu pemrograman. Anda hanya melakukan sekali klik instalasi saja, lalu memasukkan nama, deskripsi website, hingga memilih template website, maka website Anda sudah bisa digunakan dan diakses melalui internet.

Dan kabar baiknya adalah, Anda dapat membuat website gratis dengan menggunakan WordPress. Walaupun memang gratis, namun bukan berarti website yang dibuat melalui WordPress tidak memiliki kualitas yang baik. Anda bisa membuat sebuah website gratis dengan kualitas terbaik walaupun hanya menggunakan WordPress saja.

3. Pilih Hosting dan Nama Domain

Setelah Anda sudah menentukan WordPress sebagai platform pembuatan website Anda, maka langkah selanjutnya adalah Anda perlu menentukan layanan hosting untuk website Anda. Hosting ini memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai file yang ada di website seingga dapat diakses secara onile. Tipe file yang disimpan diantaranya adalah tema, plugin, teks, media, kode HTML, hingga draft konten yang akan tersimpan di hosting. Jangan lupakan juga untuk gunakan SSL untuk mengamankan website.

Setidaknya ada beberapa jenis layanan hosting, sebut saja seperti shared hosting, cloud hosting, dan juga VPS. Setiap jenis hosting tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Berikut adalah penjelasan singkar terkait tiga jenis hosting yang paling banyak digunakan.

  • Shared Hosting

Shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang saat ini cukup populer di antara tiga jenis hosting yang ada. Jenis ini cukup banyak dipilih karena memiliki harga yang cukup terjangkau dan juga mudah untuk digunakan.

Tidak hanya murah dan juga mudah, shared hosting ini juga didukung oleh layanan support yang bertugas membantu Anda memperbaiki permasalahan. Jadi, apabila terjadi masalah, maka Anda dapat menghubungi customer support. Oleh karena itu, shared hosting ini sangat cocok untuk digunakan oleh Anda yang masih awam akan sebuah website.

  • Cloud Hosting

Cloud hosting adalah sebuah layanan hosting perpaduan antara kemudahan pengelolaan dari shared hosting dan juga kapasitas besar dari VPS hosting. Apabila Anda memiliki keahlian teknis untuk mengelola VPS, namun ingin memiliki kapasitas yang sangat besar, maka cloud hosting merupakan solusi yang sangat tepat.

  • VPS Hosting

VPS hosting adalah sebuah layanan hosting yang memiliki kapasitas daya tampung trafik lebih tinggi dibandingkan dengan shared hosting. Tapi, VPS hosting ini disarankan hanya untuk para developer yang memang sudah memiliki keahlian teknis. Jika menggunakan VPS, maka Anda perlu melakukan konfigurasi server secara mandiri.

Layanan support nya sendiri cukup terbatas, karena memang penyedia VPS Hosting tidak punya akses untuk ke server. Hal tersebut disebabkan server yang ada dikelola secara mandiri oleh pengguna VPS hosting.

  • Tentukan Nama Domain

Selain hosting, Anda juga membutuhkan sebuah domain agar website Anda dapat diakses. Secara sederhana, domain dan hosting ini merupakan alamat untuk sebuah website. Domain memiliki fungsi sebagai alamat website, agar orang-orang dapat dengan mudah mengakses website yang Anda kelola melalui browser.

Domain yang ada tidak selalu beakhiran .COM, ada juga domain lain yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Mulai dari .CO.ID, .WEB.ID, .NET, .INFO, dan lain sebagainya.

4. Instal WordPress

Langkah selanjutnya adalah install WordPress. Namun, bagi Anda yang masih awam, sebenarnya di beberapa penyedia layanan hosting sudah menyediakan fitur Auto Install WordPress. Dimana hal ini tentu saja dapat memudahkan Anda ketika ingin membuat sebuah website.

5. Optimasi Pengaturan WordPress

WordPress yang baru diinstal sebelumnya masih dalam kondisi default. Jadi, semua pengaturan yang ada masih sangat dasar. Anda perlu melakukan optimasi pengaturan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk melakukan optimasi pengaturan di WordPress, Anda hanya perlu login saja ke dashboard WordPress. Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan mmenuju halaman dashboard WordPress. Dashboard ini merupaka tempat dimana Anda dapat mengakses seluruh fitur yang disediakan oleh WordPress. Dan di dashboard juga Anda bisa memulai optimasi mulai dari konfigurasi, plugin, hingga tema.

Dan itu 5 cara membuat website dari awal yang perlu Anda ketahui. Ikuti langkah di atas untuk mendapatkan hasil website yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Share
Aljuni Hirossie

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi kepada pembaca. Semoga tulisan saya berkenan untuk diterima.