8 Inspirasi Bisnis Online Dimasa Pandemi

By 2 months ago

Inspirasi Bisnis Online – Membuka bisnis tidak harus keluar rumah dan menyewa tempat. Banyak cara dan jalan untuk sukses dan menghasilkan uang. Membuat bisnis online pun juga dapat menambahkan penghasilan.

Apalagi kecanggihan teknologi bisa mengandalkan handphone untuk bisa berbisnis dirumah. Namun, hal kecil seperti ini masih membuat masyarakat awam bingung memilih usaha apa dan bagaimana.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

Apa aja hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis online? Ikuti tips berikut ini:

1. Punya niatan

Niat adalah hal yang utama saat kalian memulai bisnis. Fokus dan jangan goyah akan niat positif itu.

2. Yakin dan berfikir positif

Keyakinan merupakan kunci, terkadang sudah memulai usaha namun down karena perkataan orang lain yang menyinggung kita. Selalu optimis bahwa apa yang sedang kalian lakukan kelak akan membuahkan hasil.

3. Pilihlah bisnis sesuai passion

Memilih usaha sesuai kemampuan kita akan jauh lebih mudah dan menyenangkan. Hal itu tidak akan memberatkan kita saat ingin melangkah lebih jauh. Buang jauh – jauh insecure pada diri kita. Karena semua orang berhak mengembangkan skill.

4. Riset pasar

Sembari mengimbangkan antara passion, target dan sasaran, kita perlu adanya riset pasar. Dari passion kita apa yang nantinya dibutuhkan calon konsumen, siapa saja yang akan menjadi tujuan pasar kita dan seberapa besar penjualan yang akan kita lakukan tersebut dicapai.

5. Buatlah strategi promosi atau marketing

Marketing dapat kalian lakukan dengan membuat pamflet, brosur, dan banner. Penyebaran dilakukan secara langsung (offline) dan online melalui media sosial atau marketplace. Banyak ragam cara untuk mempromosikan bisnis online agar dikenal oleh orang banyak.

Inspirasi Bisnis Online Dimasa Pandemi

Lalu ide kreatif dan inspirasi apa saja ya yang bisa dijadikan bisnis online?, simak yuk:

1. Membuka bisnis makanan

Inspirasi bisnis online Bisnis makanan tidak melulu harus membuat stand jualan. Perkembangan zaman telah memberikan pelajaran bagi kita untuk memulainya dengan online. Makanan dijual melalui media online dan menggunakan sistem Pre Order. Sehingga makanan akan habis dan tidak ada yang basi

2. Jualan pakaian

Sekarang ini jualan pakaian tidak sesulit dulu dengan memerlukan modal yang cukup besar. Banyak brand – brand ternama, distributor dan agen yang memperbolehkan gabung dalam jualan online. Sistemnya dengan mencari distributor tersebut dan gabung secara gratis. Kita bisa mendapatkan penghasilan dengan bermodal handphone dan promosi. Promosinya pun mudah hanya melalui media sosial kalian.

3. Jasa desain

Pekerjaan freelance ini banyak digandrungi kalangan muda karena kefektifan kerjanya. Bisnis seperti ini dapat dilakukan ketika pekerjaan utama telah selesai. Jasa ini banyak diminati dan dibutuhkan oleh kaum muda untuk mendapatkan gambar yang estetik. Desain ini bisa kalian promosikan dan kalian kerjakan tanpa harus bertemu secara langsung dengan klien. Jaman sudah canggih ya kan.

4. Jasa pembuatan website

Banyak kalangan sekarang ini menggunakan jasa pembuatan website agar tampilan website lebih menarik. Biasanya dilakukan oleh orang-orang pecinta dalam pengelolaan website atau bisa jadi untuk kepentingan organisasi, perusahaan atau instansi.

5. Jasa Voice Narrator

Belum banyak diketahui jasa ini. Padahal hanya bermodalkan suara kita bisa mendapatkan uang. Kerjanya pun tidak langsung bertemu dengan klien. Dapat kerja WFH dan remote. Jasa seperti ini biasanya dibutuhkan oleh para conten creator youtube sebagai pengisi suara.

6. Mengelola blog

Bisnis ini juga dapat menghasilkan uang ketika kita rajin mengelolanya dan bisa mendapatkan adsense.

7. Influencer

Influncer saat ini sudah banyak digandrungi. Karena pekerjaan ini mudah namun harus tetap konsisten.

8. Copywriter atau Articlewriter

Inilah pekerjaan freelance para penulis untuk menambah pengasilan uang jajan. Banyak peluang dari bisnis ini. Karena bidang menulis membutuhkan kosa kata dan inspirasi yang banyak. Namun jika digeluti, penghasilannya mengagumkan.

Demikian 8 inspirasi bisnis online yang bisa dijadikan tambahan uang jajan dimasa pandemi. Apapun itu ide bisnisnya, jika dikerjakan dan dilakukan dengan sungguh-sungguh maka hasil yang didapat pun tidak akan menghianati proses. Jadi, jangan pernah patah semangat dan segera bangkit untuk mengejar sesuatu yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Aljuni Hirossie –

Share
Aljuni Hirossie

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi kepada pembaca. Semoga tulisan saya berkenan untuk diterima.