Investasi Crypto : Pengertian, Cara dan Jenis

Investasi crypto adalah salah satu instrument investasi yang dari awal kemunculannya sudah membuat banyak masyarakat dunia ‘memuja’nya. Dan jika diperhatikan sedari awal hingga saat ini, investasi cryptocurrency yang ada sudah semakin mudah untuk dilakukan dan dipelajari. Lalu, apa itu investasi cryptocurrency?

Apa Itu Cryptocurrency?

Perlu diketahui, Investasi crypto merupakan jenis investasi yang memiliki return tinggi atau high return. Dan Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang digital yang tersedia dan bisa digunakan di dalam dunia maya saja. Investasi crypto, khususnya bitcoin dikenalkan untuk pertama kalinya oleh Satoshi Nakamoto pada Januari 2009 silam.

Mata uang digital ini bisa digunakan untuk berbagai transaksi jual-beli, diantaranya adalah pembelian game, produk fashion, hingga membeli mobil. Berangkat dari situlah jual-beli bitcoin di pasar digital semakin besar dan populer hingga akhirnya bermunculan koin crypto lainnya. Selain bitcoin yang tingkat kepopulerannya sangat besar di pasar digital, ada beberapa uang crypto lainnya yang perlu Anda ketahui. Mulai dari ethereum, ripple, litecoin, dogecoin, mrai, dashcoin, dan masih banyak lainnya.

Kepopuleran Crypto di Kalangan Anak Muda

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau mata uang virtual yang dilindungi oleh cryptography. Dengan adanya cryptography ini membuat kehadiran uang kripto hampir tidak bisa dipalsukan seperti uang fisik. Kepopulerannya ini dikarenakan kelebihannya yang bisa digunakan transaksi online di berbagai negara. Dengan memiliki mata uang digital ini, Anda bisa menukarkannya dengan mata uang lain seperti Dollar, Yen, Rupiah, dan juga mata uang lainnya.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, investasi online semakin didambakan oleh para investor di berbagai dunia khususnya Indonesia. Terutama bagi para generasi millennial dan generai Z yang mengetahui bahwa dengan berinvestasi cryptomaka keuntungan yang didapat bisa lebih besar.

Berbagai aset crypto seperti Bitcoin, Etherium, Dodgecoin, dan aset lainnya menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat diminati oleh para investor. Bisa dikatakan, investasi mata uang kripto ini mulai menjadi ladang investasi menjanjikan di Tanah Air Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari beberapa investor uang kripto di Indonesia yang saat ini sudah menyalip jumlah investor saham. Dengan meningkatnya jumlah investor kripto, maka nilai asetnya pun terus melonjak tinggi setiap harinya.

Cara Investasi Online Cryptocurrency

Investasi crypto adalah melakukan aktivitas transaksi jual beli aset di tempat khusus yang disebut exchange. Exchange sendiri bisa dibilang sebuah marketplace atau platform yang mempertemukan antara pembeli dan juga penjual hingga bisa melakukan transfer aset kripto. Transaksi aset kripto yang terjadi antara para member atau pedagang yang merupakan anggota exchange tersebut.

Berbeda dengan transaksi yang terjadi di bursa saham, yang mana para investor melakukan transaksi harus melewati broker terlebih dahulu sebagai perantara. Untuk transaksi di exchange crypto ini langsung terjadi antara sesama investor itu sendiri. Tidak ada yang namanya perantara atau broker yang menjembatani transaksi di exchange bitcoin ini.

Untuk penyimpanan aset crypto sendiri dilakukan di sebuah dompet digital yang dinamakan ‘wallet’.  Sama halnya seperti menyimpan uang cash, perlu adanya dompet atau brankas untuk mengamankannya. Bedanya adalah media dan bentuknya saja. Wallet sendiri sudah disediakan oleh exchange atau para investor bisa memiliki walletnya sendiri. Sistemnya sama seperti seorang nasabah yang memiliki pilihan untuk menyimpan uangnya di bank atau di rumah sendiri.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk memulai investasi dan transaksi mata uang kripto :

  1. Mebuka akun baru di Bitcoin Exchange, atau bursa Bitcoin
  2. Verifikasi KYC
  3. Lakukan deposit (Rupiah & Kripto)
  4. Memilih pair aset kripto
  5. Mulai order
  6. Lakukan transaksi jual-beli
  7. Withdraw/penarikan
  8. Bayar biaya/fee berdasarkan jumlah transaksi
  9. Transfer aset kripto ke wallet masing-masing
  10. Pilih fitur trading apabila Anda ingin fokus trading dengan mata uang kripto.

Jenis-Jenis Aset Crypto

Jenis-Jenis Investasi Cryptocurrency
Jenis-Jenis Investasi Cryptocurrency

Untuk Anda yang ingin belajar investasi crypto, maka Anda perlu mengetahui beberapa aset crypto yang ada. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan simak di bawah ini:

1. Bitcoin

Bitcoin adalah jenis cryptocurrency pertama yang dari kemunculan pertamanya hingga saat ini masih eksis. Bitcoin sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2009 silam oleh sebuah pihak yang bernama Satoshi Nakamoto. HIngga saat ini tidak ada yang tahu apakah nama itu merupakan nama seseorang, keompok, atau perusahaan.

Pada 2019 silam terdapat lebih dari 18 juta bitcoin yang sudah diperdagangkan dengan total market value sekitar $146 miliar. Sampai saat ini, bitcoin masih menguasai 68% pasar cryptocurrency.

2. Litecoin

Litecoin adalah salah satu jenis cryptocurrency yang hadir pada masa awal mata uang digital ini hadir. Litecoin hadir pada tahun 2011 silam sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang menghasilkan blok baru (pengusung blockchain) dengan kecepatan yang lebih cepat. Jadi, kelebihan Litecoin sendiri adalah memungkinkan investor untuk melakukan transaksi lebih cepat tanpa membutuhkan komputasi yang bertenaga.

3. Dogecoin

Aset crypto Dogecoin hadir pertama kali pada 2013. Sesuai dengan namanya, nama aset crypto ini menjadikan anjing Shiba Inu sebagai maskot utamanya. Dogecoin juga memiliki nilai yang jauh lebih rendah dibandingkan bitcoin. Namun beberapa saat yang lalu harga Dogecoin tiba-tiba melambung tinggi hingga menembus Rp10 ribu. Situasi tersebut membuat aset ini dikenal oleh banyak orang.

Penggunaan Dogecoin sendiri biasanya digunakan untuk melakukan transaksi kecil, donasi, hingga untuk memberikan tip.

4. BitcoinCash

BitcoinCash adalah aset kripto yang diluncurkan pertama kali pada Agustus 2017 dan saat ini menjadi salah satu dari 5 cryptocurrency terbaik yang ada. Jenis ini diluncurkan karena adanya beberapa kelompok investor Bitcoin yang tidak suka dengan beberapa aturan yang berlaku. Mereka kemudian memutuskan untuk berpisah dan menciptakan mata uang digital sendiri yang diberi nama BitcoinCash. Kelompok ini juga memberi klain bahwa BitcoinCash memiliki beberapa improvisasi yang lebih baik dari Bitcoin.

5. Feathercoin

Feathercoin merupakan mata uang digital yang diresmikan oleh seseorang bernama Peter Bushnell yang merupakan seorang pakar IT di Brasenose College, Oxford University pada April 2013 silam. Jenis uang kripto ini juga sifatnya open source.

Keuntungan Investasi Cryptocurrency

1. High Return

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, investasi kripto adalah salah satu jenis investasi yang memiliki keuntungan tinggi atau bisa dibilang high return. Harga mata uang kripto sendiri semakin meningkat dengan berjalannya waktu. Dalam hitungan bulan saja nilainya bisa menembus all-time high yang baru.

Pada 2020 silam harga bitcoin berhasil naik hingga 354%, angka tersebut membuat bitcoin berhasil mengalahkan return aset keuangan lainnya. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa melakukan pembelian mata uang digital dengan murah dan menjualnya dengan harga yang mahal layaknya sebuah saham.

2. Cepat dan Mudah

Melakukan transaksi dengan cryptocurrency bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan transaksi melalu bank konvensional. Contohnya adalah dengan melakukan transfer antarbank internasional yang bisa memakan waktu lebih dari satu hari, namun dengan Bitcoin proses tersebut bisa dipangkas dalam hitungan menit hingga satu jam saja.

3. Transparan

Setiap member atau investor di cryptocurrency dapat melihat seluruh transaksi yang sudah pernah dilakukan. Namun, investor atau member tetap tidak bisa mengetahui transaksi yang tercatat dilakukan oleh siapa karena memang hanya sebatas angka saja tanpa dibarengi sebuah identitas.

4. Mendunia

Seluruh dunia saat ini sudah bisa menggunakan cryptocurrency. Maka dari itu, kripto ini dianggap universal karena memang tidak ada syarat apapun untuk menjadi member atau investornya. Bahkan pengguna pun tidak perlu menggunakan nama asli dan juga menyertakan data pribadi apapun.

5. Aman dan Sah

Di Indonesia sendiri investasi crypto sudah diberikan kepastian hukum dalam proses perdagangannya. Hal ini tentu membuatnya menjadi investasi yang aman secara regulasi.

6 Menjadi Alat Bayar di Berbagai Marketplace

Saat ini mata uang crypto bitcoin bisa dijadikan sebagai alat pembayaran di beberapa transaksi digital, walaupun memang belum bisa menyeluruh secara banyak. PayPal sendiri yang merupakan alay pembayaran transaksi online terbesar di dunia sudah menerima pembayaran dengan Bitcoin. Bitcoin juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di beberapa marketplace internasional seperti e-bay dan juga amazon.

Dan itu dia penjelasan lengkap mengenai investasi online cryptocurrency mulai dari cara, jenis, hingga keuntungannya. Semoga dengan membaca beberapa informasi yang terkandung dalam artikel ini dapat membuat Anda paham betapa pentingnya aset crypto untuk masa depan. Semoga bermanfaat.

– Aljuni Hirossie –

1 thought on “Investasi Crypto : Pengertian, Cara dan Jenis”

Leave a Comment