Bisa Jalan Tanpa Sopir, Ini Spesifikasi Alfa Romeo Stelvio yang Dinaiki Presiden Jokowi di KTT G20

Alfa Romeo Stelvio – Presiden Jokowi saat ini tengah menghadiri beberapa agenda pertemuan antar kepala negara, salah satunya adalah KTT G20 yang berlangsung di Roma, Italia. Dilansir melalui Kanal Youtube Sekretariat Presiden, orang nomor satu di Indonesia ini tampak terlihat menunggangi mobil mewah hasil produksi Alfa Romeo berwarna abu-abu.

Perlu Anda ketahui, mobil yang ditunggangi oleh Presiden Jokowi adalah mobil pintar yang sangat canggih. Seperti halnya yang tertulis pada situs resmi Alfa Romeo, Senin 1 November 2021, mobil jenis SUV yang dinaiki oleh Jokowi merupakan Alfa Romeo Stelvio yang memiliki segudang teknologi dengan keamanan dan kenyamanan maksimal. Dengan berbagai teknologi tersebut, mobil ini bahkan bisa berjalan sendiri tanpa perlu adanya pengemudi alias sopir.

Spesifikasi Alfa Romeo Stelvio

Spesifikasi Alfa Romeo Stelvio
Spesifikasi Alfa Romeo Stelvio

Mobil Alfa Romeo Stelvio ini sudah dilengkapi dengan sistem autonomous terbaru level 2 yang di dalamnya terdapat fitur canggih seperti TJHA (Traffic Jam and Highway Assist) yang berfungsi untuk membantu mobil membaca objek atau kendaraan sekitar terutama yang dari arah depan.

Kemudian ada juga LKA (Lane Keeping Assist) yang berfungi untuk menjaga mobil agar tetap di lajur dan tidak akan keluar dari marka jalan. Selanjutnya ada ABSA (Active Blind Spot Assist) yang bisa mengirim informasi melalui indikator dan suara apabila ada kendaraan yang mendekat dari arah kiri, kanan, atau belakang.

Mobil Alfa Romeo Stelfio ini juga memiliki teknologi bernama TSR (Traffic Sign Recognition) dan juga ISP (Intelligent Speed Control) yang mampu mengikuti kecepatan mobil di depannya tanpa perlu menginjak pedal gas dan juga rem. Pada mobil lain, teknologi ini juga biasanya disebut dengan cruise control.

Dan yang paling menarik adalah, di dalam mobil SUV ini memiliki fitur bernama driver attention assist yang ketika pengemudi mengalami kelelahan alias ngantuk, maka mobil akan memberi peringatan untuk beristirahat. Fitur ini tentunya sangat berguna untuk menghindari kontrol kemudi yang tidak bisa dikendalikan.

Kemudian berpindah ke sisi hiburan yang ada pada mobil ini, terdapat sebuah head unit dengan layar sentuh berukuran 8,8 inci yang bisa terhubung dengan smartphone Android Auto atau Apple Carplay. Didalamnya juga pengemudi bisa mengakses menu navigasi melalui satelit.

Mobil yang pantas disebut dengan mobil pintar ini juga mampu mengantarkan penumpangnya sesuai dengan tujuan hanya dengan menggunakan arahan GPS yang tersedia. SUV buatan negeri pizza ini juga mampu terhubung ke smartphone untuk memberikan beberapa perintah dari luar mobil layiknya remot.

Mobil dengan dua baris ini memiliki dimensi yang cukup kompak, panjang mobil Alfa Romeo Stelvio sendiri adalah 4.687 mili meter, untuk lebar 2.163 mm, tinggi 1.693 mm, dan juga jarak poros roda depan ke belakang sepanjang 2.818 mm.

Untuk sektor mesin alias jantung pacunya, mobil ini disematkan dengan beberapa pilihan mesin. Diantaranya ada mesin 4 silinder 2.000 cc turbo bertenaga 280 dk (bensin), 4 silinder 2.200 cc turbo bertenaga 210 dk (diesel).

Khusus varian tertinggi dari Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio menggunakan mesin V6 2.900 cc Twin Turbo dengan tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 510 dk. Semua mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8-speed racikan ZF (8HP50 dan 8HP75 untuk versi Quadrifoglio).

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment