Cek Rekening Penipu dan Cara Memblokir Rekening Penipu Secara Online

Cek Rekening Penipu – Kasus penipuan memang banyak sekali terjadi, khususnya diera teknologi yang semakin canggih ini. Banyak modus yang dilakukan oleh para penipu untuk menipu korbannya, sebut saja seperti berpura-pura menjadi penjual di marketplace atau sosial media, tukang asuransi, kredit, pinjaman online, dan lain-lain.

Kebanyakan korban dari penipuan online ini adalah orang-orang yang sering berbelanja online yang tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh akun-akun penipu. Biasanya penipu akan meminta sejumlah uang untuk di transfer ke rekening penipu tersebut. Setelah penipu berhasil mendapatkan uang dari korbannya, penipu akan langsung memblokir kontak korban dan menghilang tanpa kabar.

Untuk itu sebagai buyer yang cerdas Anda perlu tahu apakah toko tempat Anda berbelanja itu benar-benar menjual barangnya atau hanya akun penipu yang sedang mencari korban. Ketika Anda mendapati akun online shop yang mencurigakan, Anda bisa coba cek terlebih dahulu nomor rekening dari toko tersebut apakah terdaftar sebagai rekening penipuan atau bukan.

Baca Juga: Daftar Alamat PT Penipuan Terbaru

Cara Cek Rekening Penipu dengan Mudah

Saat ini banyak situs web yang bisa kita akses untuk mengecek rekening penipu online, bahkan ada juga beberapa akun sosial media yang mengumpulkan nama-nama atau daftar akun online shop penipu. Berikut beberapa website atau sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mengecek rekening penipuan.

1. Cekrekening.id

Cek rekening penipu bisa dilakukan melalui website cekrekening.id yang dibuat oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika. Situs ini difungsikan sebagai pengumpulan database rekening bank yang terindikasi tindak pidana. Rekening yang dilaporkan terkait tindak pidana berupa:

  • Investasi Palsu
  • Penipuan
  • Terorisme
  • Narkotika dan Obat Terlarang
  • Dan kejahatan lainnya

Dalam situs ini memuat informasi mengenai nama pemilik rekening penipu, nama bank, sampai rekaman transaksi. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai bukti untuk melaporkan apabila terjadi kasus penipuan, yang mungkin dilakukan oleh orang yang sama. Tak hanya itu situs ini juga menyediakan fitur atau menu pengaduan apabila ada kasus serupa yang terjadi.

2. Kredibel.co.id

Kredibel.co.id merupakan salah website pengecekan dan pengaduan nomor rekening penipu. Apabila nomor rekening tersebut sudah terdaftar sebagai rekening penipu maka secara otomatis akan memunculakn keterangan rekening penipu. Pada situs ini terdapat informasi mengenai nomor rekening serta nama pemilik rekening. Cara untuk mengeceknya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukan nomor rekening tersebut kemudian klik tombol cari.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Telkomsel Dengan Cepat

3. Lapor.go.id

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau disingkat LAPOR merupakan situs yang disediakan oleh kepolisian Republik Indonesia, dimana salah satu fungsinya adalah melacak rekening penipuan. Tak hanya itu lapor.go.id juga bisa digunakan untuk melaporkan berbagai kasus kriminal lainnya.

4. Instagram @indonesiablacklits

Indonesiablacklist merupakan salah satu akun sosial media yang berisikan informasi tentang akun-akun online shop penipu. Dimana di akun tersebut mengumpulkan dan menyusun data kasus penipuan online shop.

5. Melalui Email

Sebenarnya email sendiri tidak dapat digunakan untuk melakukan pengecekan rekening penipuan. Akan tetapi email bisa Anda gunakan untuk melakukan pengaduan atas kasus penipuan yang Anda alami. Anda bisa melaporkan kasus penipuan ini melalui email cybercrime@polri.go.id caranya Anda hanya perlu login ke email, tulis judul emailnya misal [LAPOR] Penipuan Online. Lalu isi email berisikan kronologi kejadian, bukti transfer, dan lain-lain. Kemudian akan dilakukan pengecekan data yang Anda kirim. Karena ini dilakukan secara online, sehingga proses ini membutuhkan waktu yang lama.

Itulah ulasan tentang cara mengecek rekening penipuan dengan menggunakan beberapa situs web yang telah kami rangkum. Setelah Anda berhasil mengetahui rekening tersebut penipuan atau bukan, tindakan selanjutnya adalah Anda bisa melaporkannya kepada pihak berwajib atau memblokir rekening tersebut agar tidak ada lagi korban berikutnya. Apabila Anda sudah terlanjur mentransfer sejumlah dana ke rekening penipu, Anda juga bisa menariknya kembali dengan segera melapor ke kantor cabang terdekat. Anda bisa mengikuti Langkah-langkah berikut agar rekening penipu bisa diblokir serta menarik kembali uang yang sudah terlanjur Anda transfer ke penipu.

Cara Memblokir Rekening Penipu

1. Datang ke cabang bank terdekat

Pergi ke cabang bank terdekat untuk melapor ke pihak bank (customer service). Selain dengan cara datang langsung ke bank, Anda juga bisa menghubungi call center bank terkait.

2. Membuat laporan terkait masalah. Ceritakan secara detail mengenai kronologis penipuan yang dialami seperti :

  • Ditransfer melelui apa? ATM, Mobile banking, Internet banking, atau yang lainnya.
  • Dari bank apa dan nomor rekening berapa saat kita melakukan transfer dana kepenipu, kemudian tulis juga bank dan nomor rekening penerimanya.
  • Kapan Anda mentransfer dana ke penipu, jelaskan secara detail seperti tanggal, hari, dan jam.
  • Berapakah nominal uang yang Anda transfer ke penipu.

3. Memvalidasi Laporan

Selanjutnya dalah dari pihak bank kemudian akan memvalidasi kepemilikan rekening. Kemudian pihak bank akan meminta beberapa data seperti :

  • Menyiapkan bukti transfer.
  • Buku tabungan dan print koran
  • Fotokopi KTP dan asli
  • Surat keterangan laporan penipuan dari kantor polisi setempat
  • Surat permintaan blokir bertanda tangan diatas materai.

4. Menunggu Nota Laporan Penipuan di buat oleh pihak bank.

5. Setelah laporan Anda memenuhi syarat, pihak bank akan segera membekukan nomor rekening penipu tersebut.

6. Pihak Bank Menghubungi Penipu

Setelah pihak bank melakukan pemblokiran rekening, biasanya Anda akan dipertemukan terlebih dahulu dengan penipu atau pemilik rekening penipu tersebut untuk saling mengklarifikasi, baik secara langsung atau melalui virtual seperti teleconference.

Dalam hal ini pihak bank akan menjadi mediator agar masalah dapat diselesaikan dan Anda bisa mendapatkan kembali dana yang sudah Anda transfer ke penipu tersebut. jika penipu tersebut menolak untuk mengembalikan uang Anda, maka pihak bank bekerjasama dengan pihak kepolisian sehingga penipu tersebut akan terancam pidana. Selain itu penipu juga akan masuk ke dalam daftar DPO atau Daftar Pencarian Orang.

Selain nomor rekening, Anda juga bisa memblokir nomer hp yang digunakan penipu untuk melakukan aksi penipuannya. Untuk mencegah terjadinya banyak korban penipuan, Anda bisa menggunakan cara ini agar kasus serupa tidak terjadi kepada orang lain.

Memblokir nomor telepon penipu dengan menggunakan SMS.

Silakan buka Menu SMS, lalu simak cara blokir nomor telepon penipu dengan cara sms di bawah ini.

  • Telkomsel: Ketik penipuan#nomor penipu#keterangan penipuan kirim ke 1116.
  • XL: Ketik lapor#nomor penipu#keterangan penipuan kirim ke 5883.
  • Indosat: SMS#nomor penipu#keterangan penipuan kirim ke 726.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika Anda mendapati akun sosial media atau marketplace penipu. Anda bisa melakukan pemblokiran pada rekening dan juga nomor hp penipu dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Untuk terhindar dari kasus penipuan dari akun-akun online shop, Anda harus lebih cermat lagi dalam memilih toko pada saat Anda  berbelanja di toko online khususnya media sosial.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan, pastikan toko tersebut memiliki review yang bagus dan riwayat pembelian yang banyak. Semoga ulasan tersebut bermanfaat.

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment