13 Cara Promosi yang Menarik Dalam Sebuah Bisnis

Cara Promosi yang Menarik – Seorang pebisnis ataupun perusahaan kecil hingga besar tidak melulu hanya mengutamakan kualitas produk. Namun, juga bagaimana sistem promosi yang digunakan. Apakah memiliki strategi promosi yang menarik untuk menarik daya beli?

Promosi ini termasuk strategi marketing, maka dari itu banyak perusahaan yang menggelontorkan biaya khusus marketing. Namun, sebagai pebisnis pemula tidak harus mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi.

Walaupun hanya memiliki dana yang minim, kita dapat mempromosikan bisnis ini dengan menyusun strategi dan konsep yang matang. Sehingga nantinya customer dapat melirik. Ulasan ini akan memberikan cara promosi menarik yang membuat customer membeli produk kita. Jadi jangan khawatir jualan kita tidak ada yang beli.

Cara Promosi yang Menarik

Cara promosi yang menarik untuk strategi marketing jualan diantaranya adalah :

1. Menentukan konsep

Sebelumnya riset pasar terlebih dahulu. Apa saja yang dibutuhkan konsumen dan apakah produk kita laris di pasaran. Setelah itu baru memikirkan konsep apa yang sebaiknya digunakan. Konsep promosi ini dengan menambahkan logo dan slogan. Karena logo dan slogan mengartikan apa sebenarnya produk yang dijual dan bagaimana akan pelayanannya.

2. Membuat rencana

Menyusun rencana ini kita membuat susunan target pasar, sasaran penjualan, lokasi dijualnya produk, apa produk yang ditawarkan, serta keunikan dari yang kita jual. Dan yang lebih pentingnya membuat sebuah kegiatan promosi agar dikenal oleh orang banyak.

3. Tentukan target dan sasaran

Target adalah seberapa besar yang harus dicapai dalam promosi. Dan sasaran adalah siapa saja yang akan kita beri promosi ni.

4. Memberikan informasi secara gratis

Ketika customer mennayakan akan spesifikasi produk, jelaskan dengan baik tanpa menyinggung calon customer.

5. Promosi melalui online marketing

Promosi online ini sangat banyak digunakan. Bisa melalui media sosial seperti whatsaap, instagram, facebook atapun dengan merketplace. Buat iklan sebanyak mungkin untuk menjangkau calon customer

6. Memiliki relasi media

Memanfaatkan relasi dengan orang yang berada di media. Seperti surat kabar atau radio, sehingga untuk orang-orang yang tidak menggunakan media sosial pun mengetahui produk yang kita jual.

7. Pasang iklan

Memasang iklan bisa melalui papan di pinggir jalan ataupun iklan pada media sosial. Karena iklan yang terpasang pada pinggir jalan cenderung mengeluarkan uang.

8. Menawarkan pada grup

Sekarang ini banyak tersedia grup whatsaap atau telegram. Kita bisa menawarkan produk kita disitu. Namun, dengan cara yang baik dan meihat situasi kondisi apakah memungkinkah kita menawarkan produk. Karena biasanya ada beberapa grup yang tidak diperbolehkan menawarkan produk jualan.

9. Menawarkan secara langsung

Ini promosi yang paling efektif menarik perhatian calon customer. Kita bisa menjelasakan sebanyak dan sedetail mungkin mengenai produk yang dijual. Dengan begitu akan tertarik dan membelinya.

10. Memberikan bonus

Bonus yang diberikan bisa berupa gratis ongkir, potongan harga ataupun gift cantik agar customer terkesan kepada kita dan stay menjadi pelanggan tetap.

11. Memberikan batas waktu pembelian

Dengan cara ini calon customer akan buru-buru memebeli karena takut kehabisan

12. Menawarkan harga khusus

Harga khusus akan membuat para calon customer berebut karena spesial harga yang tidak seperti biasanya.

13. Membagikan give away

Siapa sih yang tidak mau gratisan? Disini bisa diakali dengan memberikan cara give away dan menarik perhatian calon customer. Give away juga bisa di strategi agar mengikuti akun media sosial kita. Jadi ketika give away sudah selesai kita juga masih mendapatkan pengikut yang nantinya bakal melirik produk jual.

Dan itu dia 13 cara promosi yang menarik yang bisa dilakukan oleh para pebisnis masa kini. Semoga bermanfaat.

– Aljuni Hirossie –¬†

Leave a Comment