Aplikasi Membuat CV Untuk Menarik Perhatian HRD

Aplikasi Membuat CV – Ada banyak faktor kenapa HRD memanggil kamu untuk mengikuti rangkaian proses rekrutmen. Salah satunya adalah tampilan CV (Curriculum vitae) yang menarik. CV merupakan pintu utama sebagai penentu awal seseorang dalam melamar pekerjaan. CV berperan menginformasikan data diri calon pelamar yang memuat keahlian, latar belakang pendidikan, hingga skill yang dipunya.

Biasanya para pelamar kerja menulis CV langsung pada Microsoft Word sehingga tampilannya terkesan standar, polos, dan biasa saja. Meskipun menampilkan informasi pelamar secara keseluruhan, terkadang HRD menyukai tampilan CV yang kreatif namun tidak berlebihan. Supaya dapat melewati proses awal dengan baik, diperlukan aplikasi membuat CV biar surat lamaran kamu tampak keren dan bikin HRD tertarik merekrut. Tidak hanya melalui PC, membuat CV pun bisa dilakukan di smartphone. Tentunya lebih praktis dan hemat waktu.

Daftar Aplikasi Membuat CV

Nah, simak beberapa aplikasi membuat cv yang bisa menjadi referensi adalah sebagai berikut:

1. Canva

Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi sejuta umat. Keunggulan aplikasi yang begitu user friendly sekaligus mengandung berbagai macam fitur pilihan membuatnya banyak digandrungi. Aplikasi desain gratis ini menyediakan bermacam-macam template yang bisa langsung dipakai, termasuk desain CV.

2. Free Resume Maker

Aplikasi membuat CV berikutnya yaitu Free Resume Maker. Seperti Canva, aplikasi ini juga menyediakan beragam model template CV gratis yang langsung bisa digunakan. Bagi pendatang baru tidak usah khawatir karena ada panduan yang bermanfaat untuk menunjukkan bagaimana cara penggunaannya. Untuk mendapatkannya, bisa diunduh gratis di Google Play Store.

3. Visual CV

Selain melalui aplikasi yang bisa diunduh via smarthphone, ada juga website yang menyediakan fungsi template CV gratis. Salah satunya Visual CV. Untuk mendapatkan aneka templatenya, kamu harus punya akun terlebih dahulu. Walaupun tidak memiliki varian template yang banyak, setidaknya website ini sangat bermanfaat untuk kamu yang berjiwa simpel sekaligus membutuhkan pembuatan CV dalam waktu singkat.

4. Enhancv

Situs lainnya yang digunakan tanpa mengunduh aplikasi membuat CV yaitu Enhancv. Buat kamu yang menginginkan tampilan CV terlihat profesional bisa menggunakan Enhancv. Enghancv juga menyediakan versi premium untuk menjadikan tampilan CV lebih menarik.

5. Resumaker

Hanya menyediakan 75 pilihan template tidak menjadikan Resumaker tersisih dari aplikasi penyedia CV lainnya. Memiliki formula sederhana hingga modern namun dapat diformulasi sesuai keinginan kamu serta dapat diunduh dalam bentuk pdf.

6. Cake Resume

Mungkin kurang familiar untuk aplikasi membuat CV bagi para pencari kerja. Akan tetapi selain dapat diunduh dalam versi pdf, dengan Cake Resume kamu bisa mengubah desainnya. Memiliki pilihan fitur berbayar, tapi tetap menyediakan versi gratis dalam pembuatan CV online.

7. Easy Resume Builder

Selanjutnya, aplikasi ini sesuai untuk kamu yang baru mencoba membuat CV untuk pertama kali. Penggunaan yang ramah serta sederhana membuat aplikasi ini sesuai bagi pemula. Fitur di sini gratis dan bisa dipakai sepuasnya. Mudah bukan?

Demikianlah rekomendasi aplikasi membuat CV yang bisa jadi alternatif untuk mempercantik tampilan CV kamu. Banyaknya pilihan template tersebut semoga bisa mmebantu kamu merancang CV yang kreatif, ya. Walaupun kondisi telah berubah dan memasuki masa transisi bagi dunia kerja akibat pandemi, bukan berarti menurunkan semangat kamu dalam mencari karier impian. Tetap semangat, tidak putus asa, berusaha, dan yang pasti berdoa agar mimpi-mimpi yang terancang akan tercapai. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu.

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment