Bingung Bagaimana Cara Investasi Saham? Simak Tips Berikut

Cara Investasi Saham – Sebenarnya kebanyakan orang memang belum sepenuhnya paham terkait investasi keuangan di dunia saham. Di mana pada dasarnya risiko akan tingginya saham tidak selalu dikaitkan dengan kerugian. Hal ini tak lain karena potensi keuntungan yang didapatkan nantinya pun juga cukup besar.

Nah, bagi anda pemula yang ingin mulai melakukan investasi saham tetapi masih bingung jangan khawatir lagi ya! Sebab ulasan artikel di bawah ini akan menjelaskan tentang bagaimana cara investasi saham yang aman untuk para investor pemula.

Baca Juga : Panduan Lengkap Investasi Saham 

Cara Investasi Saham Untuk Pemula

1. Investasikan waktu untuk belajar saham

Sebelum memulai investasi uang di dunia saham alangkah lebih baiknya lagi jika anda menggunakan waktu anda yang berharga tersebut untuk mempelajari tentang dunia saham itu sendiri terlebih daulu. Mengingat pada dasarnya belajar tentang investasi saham ini tidaklah gampang karena ada banyak sekali istilah yang perlu dipahami.

Anda bisa belajar secara otodidak di mana saja karena saat ini sudah banyak sekali informasi yang menyajikan tentang investasi saham mulai dari nol untuk pemula. Bahkan anda bisa bergabung dengan grup atau komunitas di sosial media yang secara khusus mendiskusikan tentang dunia saham.

Ketika akan melakukan investasi pastinya informasi yang anda cari tersebut mempunyai peranan yang sangat penting. Oleh sebab itu mau tak mau anda harus mencari informasi yang valid agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pilih perusahaan sekuritas

Sebaiknya jangan menaruh dana investasi anda tersebut pada satu portofolio saham saja. Melainkan, anda bisa melakukannya di lain portofolio saham. Tetapi sebelumnya terlebih dahulu anda harus menentukan perusahaan sekuritasnya.

Di mana dengan memilih perusahaan sekuritas yang tepat anda akan mendapatkan rekening efek dan juga rekening dana saham. Nah, nantinya rekening efek ini berguna untuk menyimpan saham yang anda punya. Sedangkan rekening dana saham tadi bisa digunakan untuk menyimpan uang sebagai jual beli saham.

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan yaitu dengan memilih perusahaan sekuritas dengan kinerja yang baik. Di mana pastikan bahwa perusahaan tersebut sudah mengantongi izin yang resmi dari OJK.

Sebagai contoh, anda bisa melakukan investasi saham yang terpercaya seperti di aplikasi ajaib, bibit, maupun shopee. Jika sudah anda bisa mempelajari bagaimana cara investasi saham di shopee, maupun cara investasi saham di bibit, hingga cara investasi saham di ajaib setelah memahami konsep perusahaan sekuritas ini.

3. Menjadikan investasi saham jangka panjang

Ketika memutuskan untuk mempelajari investasi saham maka sebisa mungkin anda jangan terburu-buru untuk mengejar keuntungan yang besar. Tetapi sebenarnya hal tersebut sangat lumrah jika anda berharap bahwa investasi tersebut bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Namun satu hal yang penting untuk anda ingat yaitu semua hal itu tidak terjadi secara instan. Di dunia bisnis ini anda harus membutuhkan waktu yang cukup panjang dan juga proses yang lama untuk melakukan investasi saham ini.

Hal ini tak lain karena investasi saham ini mempunyai risiko yang tinggi  pada saat fluktuasi sedang berada dalam kondisi yang tinggi dalam jangka waktu yang pendek. Tetapi jangan khawatir karena investasi ini sangat menjanjikan dalam waktu yang panjang.

4. Menganalisa performa saham

Nah, jika anda sudah mengetahui ke tiga hal di atas maka jangan lupa untuk melakukan analisa yang mendalam. Di mana anda bisa melakukan analisis fundamental untuk membandingkan saham tersebut maupun analisis teknikal untuk mendapatkan saham dengan harga yang paling baik.

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment