Cara Menghitung Berat Badan Ideal 2021

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Hari Raya Idul Fitri kemarin kamu ngerasa habis makan banyak dan kalap? “Perut udah kerasa agak buncit nih kayaknya”, “Kok pipi aku makin lebar ya?”. Apakah kamu sedang memikirkan hal tersebut saat ini? Berat badan berlebih memang menggangu aktivitas dan membuat kamu jadi mageran.

Tapi, jangan dulu menerka-nerka ideal tidaknya berat badanmu sebelum kamu hitung dengan perhitungan pasti ya. Berikut ini cara menghitung berat badan ideal paling mudah. Simak dengan cermat ya!

Berat Badan Ideal

Singkatnya, angka ideal artinya berat badan yang kamu miliki tidak berlebihan juga tidak terlalu kurang sehingga badan mampu menjalankan fungsi normalnya dengan baik. Sel, organ, hormonal semua bekerja sesuai dengan fungsinya dan tidak mengalami gangguan.

Kenapa sih menjaga berat badan ideal itu penting? Pernah gak kamu mendengar kalimat, “kelebihan berat badan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit?”. Nah, kelebihan dan kekurangan berat badan nyatanya memang menjadi salah satu penyebab awal berbagai masalah kesehatan yang dialami seseorang.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Ada beberapa metode praktis yang bisa kamu hitung secara mandiri untuk mengetahui katagori berat badan kamu saat ini dan berat ideal badan kamu.

1. Menggunakan Rumus Broca

Metode pertama yakni Rumus Broca. Dalam perhitungan ini di bedakan antara wanita dan laki-laki. Untuk menghitung berat badan ideal wanita, rumus yang dipakai adalah.

Berat badan ideal wanita =

(tinggi badan dalam cm-100)-(15% x (tinggi badan-100))

Misalnya, kamu seorang wanita yang memiliki tinggi badan 158cm. Maka berat badan ideal kamu adalah (158-100)-(15% x (158-100))= 49,3 kg.

Untuk menghitung berat badan ideal laki-laki, rumus yang dipakai adalah.

Berat badan ideal laki-laki=

(tinggi badan dalam cm-100)-(10% x (tinggi badan-100))

Misalnya, kamu seorang laki-laki yang memiliki tinggi badan 170cm. Maka berat badan ideal kamu adalah (170-100)-(10% x (170-100)) = 63 kg.

2. Menggunakan Kalkulator Online

Kalkulator BMI
Kalkulator BMI

Metode kedua yang bisa kamu coba adalah menggunakan kalkulator online. Situs pertama yang dapat kamu coba adalah https://hellosehat.com/health-tools/kalkulator-bmi/ di situs ini cukup masukkan jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan saat ini, kemudian klik hitung dan akan muncul katagori BMI Anda apakah kekurangan bobot, sehat, kelebihan bobot, dan obesitas.

Menariknya, di situs ini disajikan statistik perbandingan dengan orang lain dengan usia dan jenis kelamin Anda seberapa banyak yang memiliki BMI diatas dan di bawah Anda.

3. Gunakan Calculator.net

Situs kedua yang bisa kamu coba adalah  www.calculator.net. Pada bagian Fitness and Health Calculators terdapat berbagai macam menu perhitungan di bidang kesehatan. Mulai dari BMI, Kalori, Body Fat, BMR, Ideal Weight dan lain-lain. Yang akan kita pergunakan untuk menghitung berat ideal adalah menu Ideal Weight Calculator.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal
Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Pada menu ini, isikan umur, jenis kelamin, tinggi badan, lalu klik calculate. Pada tabel sebelah kanan yaitu Result akan muncul berbagai berat badan ideal menurut ahli yang berbeda. Seperti Robinson(1983), Miller(1983), Devine (1974),  dan Hamwi(1964) sertsa rentang BMI sehat yang direkomendasikan.

Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang. Berat badan ideal menentukan fungsi berbagai komponen dalam tubuh untuk bekerja dengan baik sehingga layak diperhatikan. Menjaga berat badan ideal dapat dimulai dengan menghitung kebutuhan kalori harian kamu dan menghitung besar kalori masuk dari setiap makanan yang kamu konsumsi. Agar tidak mudah mengalami overweight, seimbangkan pula dengan rajin berolahraga. Sekian, semoga bermanfaat.

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment