Inilah Keuntungan Investasi Saham Yang Harus Kamu Tahu

Tahukah anda jika dibandingkan dengan instrum keuangan yang lain, ternyata keuntungan investasi saham ini dinilai jauh lebih besar lho! Maka dari itu tak heran jika investasi  saham ini mulai banyak dilirik oleh sebagian besar masyarakat.

Hal ini tak lain karena tentunya investasi saham ini tidak hanya memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang tidak lama. Bahkan investasi saham ini juga tidak terlalu sulit untuk dipelajari.

Baca Juga : Panduan Investasi Saham Lengkap Untuk Pemula

Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan Investasi Saham
Keuntungan Investasi Saham

Namun meskipun memberikan banyak sekali keuntungan dalam waktu yang sikat tetapi investasi saham ini pastinya juga mempunyai risiko yang sama besarnya pula. Tetapi anda jangan khawatir jika ingin investasi saham ya! Nah, untuk lebih jelasnya lagi berikut ini merupakan berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika investasi saham.

1. Dividen

Secara makna kata, dividen merupakan suatu laba maupun keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Di mana keuntungan tersebut tentunya berdasarkan dengan jumlah persentase saham yang dimiliki oleh para pemegang saham itu sendiri.

Pada dasarnya dividen ini bisa dibayarkan melalui  2 cara, yang pertama yaitu dividen secara tunai dan yang ke 2 sendiri yaitu dividen saham. Sesuai dengan namanya, dividen tunai nantinya akan dibayarkan secara tunai dan berwujud uang. Sedangkan dividen saham sendiri berupa pembagian dalam bentuk saham.

2. Capital gain

Keuntungan investasi saham yang ke dua yaitu capital gain. Di mana maksud dari capital gain ini merupakan selisih yang terjadi di antara harga beli dan juga harga jual saham.

Nah, untuk mendapatkan capital gain ini anda diwajibkan untuk menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli anda tadinya. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa capital gain ini hanya akan ada ketika anda melakukan proses jual beli saham di bursa efek nantinya.

3. Modal kecil keuntungan besar

Saat ini tak sedikit orang yang akhirnya menjadi tertarik untuk melakukan investasi saham. Hal ini tak lain karena keuntungan investasi saham yang diberikannya. Bahkan, anda pun bisa memulainya hanya dengan menggunakan modal yang minim alias dengan nominal yang kecil saja. Sangat menarik bukan?

Sebagai contoh, anda bisa memulai investasi saham dengan nominal senilai Rp 100.000 saja kemudian keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya menjadi berlipat ganda di kemudian hari dan pastinya hanya dalam waktu yang singkat saja.

Tetapi anda juga harus memperhatikan bahwa dengan keuntungan tersebut pastinya akan ada risiko yang mau tak mau harus anda terima. Meskipun begitu anda tidak perlu berkecil hati sebab hanya dengan modal yang kecil anda pun bisa meraup keuntungan yang lebih besar hanya dengan memulai investasi saham ini.

Baca Juga : Aplikasi Investasi Saham Terbaik Untuk Pemula

4. Pajaknya tidak terlalu besar

Apabila dibandingkan dengan yang lain, ternyata investasi saham ini memiliki tingkat persentase pajak yang jauh lebih kecil lho! Maka dari itu anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin memulai investasi saham.

Setidaknya anda hanya akan dibebankan persentase sebesar 0.1 % saja dari keuntungan akhir pemilik saham. Dengan begitu, anda pun bisa mendapatkan keuntungan investasi saham yang lebih besar pastinya. S

Tidak hanya itu, kemudahan pajak yang lainnya pun bisa anda dapatkan. Seperti halnya anda tidak perlu melaporkannya ke dinas pajak atau bahkan membuat SPT. Hal ini tak lain karena sifat dari pajak saham ini berbentuk pajak final.

Dengan kata lain, broker atau perusahan sekuritas pun akan langsung memberikan pajak kepada anda pada saat sedang melakukan transaksi. Nah, apakah anda tertarik untuk investasi saham? Selamat mencoba ya!

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment