5 Cara Mudah Belajar Investasi Saham Untuk Pemula

Saat ini saham merupakan salah satu pilihan yang paling banyak dilakukan oleh orang–orang untuk berinvestasi. Belum lagi dengan adanya kemajuan teknologi dan juga informasi yang semakin berkembang sampai saat ini pastinya belajar investasi saham akan semakin mudah bukan?

Tetapi sebelum anda menentukan lebih jauh produk apa saja yang akan anda pilih untuk dijadikan investasi maka sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi pendorong bagi anda untuk memilih produk investasi tersebut serta bagaimana cara melakukan investasinya.

Cara Mudah Belajar Investasi Saham

Belajar Investasi Saham
Belajar Investasi Saham

Nah, apabila anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai investasi keuangan yang berupa saham ini maka alangkah lebih baiknya lagi jika anda menyimak ulasan artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya lagi ya!

1. Mencari pengetahuan sebanyak-banyaknya

Apabila anda memang benar-benar berniat untuk melakukan investasi saham maka jangan ragu untuk belajar sebanyak-banyaknya ya! Untuk belajar investasi saham ini anda bisa mencari berbagai informasinya di mana saja, pada siapa saja, dan juga kapan saja  karena saat ini anda bisa menemukannya di internet bukan?

Namun satu hal yang perlu anda garis bawahi yaitu pastikan terlebih dahulu bahwa kredibilitas sumber yang anda jadikan acuan tersebut memang benar-benar mempunyai profil yang bagus sehingga nantinya anda tidak mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan ya!

Selain itu, nikmati juga proses belajar dalam investasi saham ini  dan jangan langsung mengejar keuntungan yang tinggi maupun terlalu terburu-buru. Hal ini tak lain karena investasi saham sendiri selain mempunyai keuntungan yang tinggi risiko yang didapatkan nantinya juga akan tinggi. Jadi, pastikan anda berhati-hati ya!

2. Menentukan tujuan berinvestasi dan pahami kondisi keuangan

Sebelum memulai investasi saham, alangkah lebih baiknya lagi jika anda menentukan tujuannya terlebih dahulu. Sebab nantinya tujuan ini bisa berpengaruh terhadap nominal maupun jangka waktu yang anda gunakan untuk melakukan investasi.

Di sisi lain, anda juga harus mampu mengenali kondisi keuangan anda. Di mana jangan sampai anda malah memaksakan diri anda sendiri untuk melakukan investasi pada saat kondisi keuagan anda ternyata tidak mendukung.

3. Memulainya dengan nominal kecil

Untuk melakukan investasi saham ini anda tidak diwajibkan untuk menggunakan nominal yang sudah besar. Sebab anda bisa memulai dengan nominal yang lebih kecil terlebih dahulu. Nah jika anda sudah benar-benar memahami investasi saham ini anda bisa menambah nilai nominalnya.

4. Memahami risiko dan keuntungan investasi saham

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apabila anda ingin memperoleh keuntungan dari investasi saham yang tinggi maka konsekuensi alias risiko yang akan anda dapatkan nantinya juga sebanding pula.

Maka dari itu apabila anda belum percaya diri untuk melakukan investasi dengan saham yang mempunyai risiko tinggi maka anda bisa memulainya dengan saham yang mempunyai risiko rendah terlebih dahulu. Namun anda juga perlu memperhatikan bahwa profil perusahaan investasi saham tersebut mempunyai track record yang baik.

5. Pastikan investasi dana pada perusahaan yang tepat

Di poin ini jangan sekali-kali anda tergiur dengan nominal saham yang sangat murah. Jangan lupa juga untuk memperhatikan perusahaan yang anda pilih tersebut. Di mana anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut mempunyai sistrem yang terstruktur, berjalan dengan lancar, hingga dikelola dengan baik.

Dengan begitu, apabila perusahaan tersebut memenuhi kriteria yang sudah disebutkan tadi maka pastinya usahanya pun akan berkembang terus menerus sesuai dengan perkembangan prospek. Namun beda halnya jika perusahaan tersebut tidak memperhatikan perkembangannya sendiri pastinya calon investor tidak akan percaya.

demikian cara belajar investasi saham dengan mudah

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment