Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency – Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang mulai banyak diminati sejak populernya bitcoin. Bitcoin sendiri adalah salah satu cryptocurrency yang mulai dikenal sejak kasus virus WannaCry di 2017 silam. Pada beberapa kasus, banyak korban yang device pribadinya terserang virus WannaCry untuk kemudian diminta memberikan bitcoin kepada sang pembuat virus agar data-data yang terenkripsi bisa dikembalikan.

Saat ini banyak sekali investor dari berbagai kalangan dan usia yang tertarik untuk investasi cryptocurrency karena dinilai bisa mendatangkan untung yang besar. Untuk bisa membeli sebuah aset crypto, Anda bisa mendapatkannya dengan senilai uang atau dengan melakukan penambangan mandiri (mining)

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency
Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Selain bisa mendapat keuntungan yang besar, investasi cryptocurrency juga dijamin aman karena dibekali dengan sistem kriptografi yang membuat seluruh aset crypto tidak bisa dipalsukan apalagi diretas. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan cryptocurrency sebagai salah satu investasi dengan nilai return tinggi?

Baca Juga : Cara Investasi Cryptocurrency Dengan Mudah

Kelebihan Cryptocurrency

1. Cepat dan Mudah

Kelebihan cryptocurrency yang pertama adalah dari sisi kecepatan dan kemudahan transaksi. Mata uang digital ini memang sengaja diciptakan sebagai solusi dari rumitnya transaksi keuangan dan juga perbankan konvensional. Dengan menggunakan crypto, Anda bisa melakukan transaksi dengan lebih cepat dan tentunya praktis.

Sebagai contoh dari kemudahan crypto ini adalah pada saat transfer ke rekening luar negeri. Di bank konvensional, Anda diwajibkan untuk melakukan transaksi tersebut pada hari dan jam kerja bank saja. Sedangkan transaksi dengan Cryptocurrency, Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu menunggu hari kerja.

2. Keamanan

Kelebihan crypto selanjutnya yang membuat para investor berani menjajalnya adalah dari sisi keamanan. Seperti yang kita tahu, keamanan adalah salah satu faktor yang sangat penting karena memang peretasan terhadap data-data pribadi saat ini kerap terjadi. Pihak bank yang banyak dipercaya untuk menyimpan uang pun tidak bisa menjamin terjadinya kebocoran data tersebut ke pihak lain.

Maka dari itu, sebagian orang masih lebih banyak yang memilih untuk menyembunyikan identitas pada saat bertransaksi. Di cryptocurrency seperti bitcoin, Anda bisa melakukan transaksi keuangan tanpa perlu memperlihatkan identitas asli Anda.

3. Terhindar Pemalsuan Uang

Banyak sekali kasus pemalsuan yang terjadi di Indonesia bahkan dunia, dan hal tersebut bukan lagi sesuatu yang baru terjadi. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab melakukan transaksi dengan menggunakan uang palsu yang menyebabkan kerugian cukup besar. Nah, di mata uang digital crypto sendiri sudah menggunakan sistem kriptografi, yaitu sistem yang tidak mudah untuk diretas atau digunakan bertransaksi oleh orang lain. Sistem kriptografi ini pun membuat aset crypto yang ada di market tidak bisa dipalsukan seperti halnya uang cash yang ada di dunia nyata.

Baca Juga : Tips Investasi Cryptocurrency Untuk Pemula

Kekurangan Cryptocurrency

1. Masih Ada Penolakan

Kekurangan mata uang digital crypto yang pertama adalah masih adanya potensi terjadi penolakan dari beberapa negara di dunia. Hal ini dikarenakan regulasi di beberapa negara yang memang menentang adanya Cryptocurrency seperti Bitcoin dan juga Libra untuk bertransaksi.

Namun memang tidak semua negara melarang adanya transaksi bitcoin. Contohnya seperti negara Swedia yang sangat terbuka dengan kehadiran mata uang digital ini.

2. Volatilitas Tinggi

Cryptocurrency merupakan mata uang baru yang belum lama dan belum banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Kiprahnya sebagai mata uang digital masih kurang dari 10 tahun, maka dari itu volatilitas uang ini masih sangat tinggi. Nilai mata uang digital bisa tiba-tiba melonjak tinggi dan juga penurunannya pun bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat.

Anda ataupun seorang investor mahir pun tidak bisa memprediksi dengan tepat bagaimana nilai mata uang ini di masa yang akan datang.

3. Lupa Wallet Key

Ini adalah hal yang sangat penting pada saat Anda memutuskan untuk investasi cryptocurrency, yaitu penggunaan wallet. Digital wallet yang biasa digunakan berfungsi untuk menyimpan aset atau uang kripto yang Anda miliki. Apabila Anda tidak ingat kunci wallet Anda, maka Anda tidak dapat mengakses aset yang ada di dalamnya. Hal ini tentu sangat merugikan, terlebih di dalam wallet tersebut Anda memiliki bayak saldo tersimpan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka kunci digital wallet tersebut. Yang paling penting adalah Anda sebagai investor perlu selalu mengingat kata sandi atau pun pin dari digital wallet Anda.

Dan itu dia kelebihan dan kekurangan cryptocurrency yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

– Aljuni Hirossie –

Leave a Comment